Find Us On Social Media :

JobStreet: Bidang IT Tempati Urutan Teratas dalam 10 Gaji Tertinggi

By Rafki Fachrizal, Rabu, 9 Maret 2022 | 14:00 WIB

Ilustrasi Talenta di Bidang IT dan Digital

Selama masa pandemi COVID-19, banyak industri di tanah air yang memaksimalkan SDM (sumber daya manusia) di bidang teknologi dan digital untuk keperluan pemasaran, penjualan, promosi, dan lain-lain.

Pentingnya transformasi digital juga mendorong banyak perusahaan/organisasi membuka banyak lowongan di bidang teknologi dan digital tersebur.

Namun jika melihat pernyataan Bank Dunia, Indonesia diprediksi akan kekurangan 9 juta talenta ICT (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) di tahun 2030.

Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah permintaan talenta di bidang teknologi dan digital yang tidak dibarengi dengan pertumbuhan talenta.

Sedangkan Laporan Survei Gaji JobStreet, pekerjaan di bidang teknologi dan digital termasuk dalam 10 spesialisasi yang paling dicari, dengan angka pertumbuhan kebutuhannya 66% untuk digital marketing dan 34% untuk IT/komputer.

Selain itu, bidang IT dan digital nyatanya menempati urutan teratas dalam 10 gaji tertinggi dan 10 pertumbuhan gaji tertinggi di Indonesia menurut spesialisasi dan level pekerjaan.

Bahkan di tingkat fresh graduate atau tingkat pemula, kenaikannya mencapai +13,7%, sementara terdapat banyak bidang pekerjaan yang malah mengalami penurunan gaji.

Bila dilihat berdasarkan industrinya, industri IT/Komputer mengalami peningkatan gaji sebesar 33,3% di level manajemen (C level).

Di sisi lain, laporan Decoding Digital Talent milik SEEK Asia juga membuktikan bahwa pekerja digital bersemangat untuk pindah kerja agar bisa mengeksplorasi peran dan tantangan baru.

Selain itu, dalam laporan yang mensurvei lebih dari 9.000 pekerja digital di berbagai negara seperti Singapura, Indonesia, Denmark dan Swiss ini, terbukti bahwa niat belajar keahlian baru paling tinggi ada di bidang teknologi dan IT.

“Saat ini, karena banyaknya jumlah perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan platform digital, jumlah karyawan yang dibutuhkan pun meningkat dengan cukup signifikan. Tidak hanya perusahaan yang berfokus di bidang IT dan teknologi, tapi banyak juga perusahaan konvensional yang sudah menyadari pentingnya untuk go digital,” ujar Yuliana Dewi, Head of Human Resources JobStreet Indonesia.

“Perusahaan-perusahaan ini pun siap untuk menawarkan gaji yang tinggi bagi para karyawan karena menyadari pentingnya peran mereka di era yang sudah berubah ini. Pencari kerja juga sebaiknya memperkuat keahlian mereka dalam bidang teknologi dan digital untuk bisa bersaing mulai dari proses melamar kerja hingga saat sudah mulai bekerja,” lanjut Yuliana.

Tech Virtual Career Fair