Find Us On Social Media :

Review Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle: Lengkap dengan Quick Keys

By Dayu Akbar, Senin, 14 Maret 2022 | 10:00 WIB

Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle.

Xencelabs meluncurkan perangkat drawing tablet atau juga biasa disebut dengan pen tablet atau graphics tablet antara lain melalui Pen Tablet Medium Bundle. Perangkat yang ditujukan bagi pekerja kreatif, seperti desainer grafis dan graphic artist ini hadir dalam beberapa varian. Versi Medium Bundle yang kami uji merupakan versi lebih lengkap dibanding versi standar.

Versi Medium Bundle menyediakan berbagai aksesori pendukung dalam paketnya, di antaranya perangkat Quick Keys dan satu pen case (kotak) yang di dalamnya berisi dua stylus (pena digital), total sepuluh nibs (mata pena digital), adaptor USB Standard-A to USB Type-C, dongle Bluetooth, serta nib extracting ring yang berguna untuk memudahkan mencabut dan mengganti mata stylus. Sebagai tambahan disertakan pula kabel USB Standard-A to USB Type-C, kabel L USB Standard-A to USB Type-C, serta sarung tangan untuk kenyamanan tangan saat menggambar.

Active area-nya memiliki bidang gambar dengan rasio aspek 16:9, sehingga diklaim dapat menampilkan gambar secara akurat pada sebagian besar monitor yang lazim digunakan saat ini.

Drawing tablet-nya sendiri memiliki ukuran panjang 32,05 cm dan lebar 23,285 cm dengan ketebalan 0,8 cm. Sementara, active area atau area yang bisa digunakan seluas 26,24 x 14,74 cm dengan rasio aspek 16:9. Rasio aspek ini mampu menampilkan gambar secara akurat pada sebagian besar monitor yang lazim digunakan sekarang.

Pada sisi atasnya terdapat tiga tombol shortcut. Secara default, tombol kiri untuk menjalankan peranti lunak Xencelabs, tombol tengah untuk mengatur tekanan pada stylus, serta tombol kanan untuk berpindah layar. Namun, Anda bisa mengubah fungsi tersebut sesuai dengan pilihan yang ada melalui peranti lunak Xencelabs yang mesti diunduh dulu melalui situs resminya.

Secara fisik, landasan drawing tablet-nya dibuat agak melengkung pada sisi bawahnya guna menambah kenyamanan tangan saat bersandar. Untuk estetika, tiap ujung pada active area terdapat lampu LED dengan warna yang bisa diganti.

Disertakannya dua jenis stylus memudahkan Anda dalam menggambar dengan goresan tebal ataupun tipis.