Find Us On Social Media :

Nih! Daftar Aplikasi yang Bisa Dukung Pengembangan Bisnis UMKM

By Rafki Fachrizal, Jumat, 18 Maret 2022 | 16:15 WIB

Ilustrasi UMKM

Keberadaan teknologi telah menawarkan banyak peluang menarik bagi mereka yang memiliki UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) agar dapat meraih keuntungan yang lebih.

Bagaimana tidak? Hanya dari gawai, UMKM kini dapat memaksimalkan usahanya lewat berbagai aplikasi bisnis yang sudah diunduh, baik itu masih di tahap awal merintis hingga saat mulai menjual produk.

Beberapa kemudahan yang bisa didapat dari aplikasi bisnis antara lain lebih mudah dan rapi mengoperasikan bisnis sehari-hari, tidak menghabiskan uang banyak karena beberapa fitur yang tersedia sudah gratis, dan juga mampu memberi pelayanan optimal bagi pelanggan.

Aplikasi-aplikasi seperti inilah yang cocok dijadikan sebagai aplikasi UMKM. Baik pelaku usaha yang masih di fase awal merintis usaha maupun mereka yang sudah menjalani bisnis tetapi ingin mengembangkan usaha lebih baik lagi sangat cocok menggunakan aplikasi bisnis tanpa modal ini.

Nah, berikut daftar aplikasi digital yang bisa digunakan bagi para pelaku UMKM:

1. Anti bingung dengan bantuan aplikasi catatan hingga analitik

Menangkap ide saat inspirasi datang sangat penting agar bisnis Anda bisa semakin maju. Untuk menjadi pebisnis yang terorganisir, Evernote maupun OneNote bisa menjadi solusi utama.

Dengan fitur yang cukup kaya, kedua aplikasi ini bisa membantu Anda maupun tim dalam berbagai kebutuhan, dari mulai menyatukan catatan, checklist, hingga membuat jadwal. Menemukan ide itu sendiri juga perlu riset mendalam.

Karena itu, tools seperti Google Analytics dan Ahrefs juga dapat dimanfaatkan agar Anda dapat mengikuti perkembangan terkini hingga mengenal peta persaingan bisnis agar Anda mampu mengambil strategi yang tepat.

2. Miliki aplikasi pengelolaan usaha yang all in one

Saat menjalankan usaha, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM agar usaha yang dikelolanya menjadi lebih produktif dan tidak memakan waktu.

Karena itu, memiliki asisten dalam bentuk aplikasi bisnis all-in-one seperti POS yang terdiri dari pencatatan digital, penerimaan pembayaran, pengelolaan produk hingga analisis penjualan menjadi sebuah kebutuhan agar bisnismu bisa semakin maju.

Untuk menjawab itu semua, Aplikasi Usaha Youtap bisa dimanfaatkan UMKM. Hanya tinggal unduh melalui toko aplikasi, pelaku usaha bisa mendapatkan fitur-fitur produktivitas tersebut secara gratis.