Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Buat PC Windows Jadi Hotspot untuk Berbagi Internet?

By Rizal, Selasa, 22 Maret 2022 | 16:30 WIB

Windows 11

Saat ini smartphone dapat digunakan sebagai mobile hotspot Wi-Fi untuk menjalankan koneksi internet nirkabel.

Selain lewat perangkat smartphone, tahukah Anda bahwa komputer desktop (PC) maupun laptop juga bisa digunakan sebagai hotspot Wi-Fi?

Fitur ini sudah didukung oleh komputer dengan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11. Pengguna pun tak perlu aplikasi tambahan untuk memakai fitur mobile hotspot.

Sebelum menggunakannya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa PC/laptop Anda terhubung dengan koneksi internet, baik itu melalui kabel LAN, terhubung ke hotspot Wi-Fi lain, atau lewat koneksi seluler.

Simak beberapa cara membuat Hotspot di Laptop Windows 10 dan Windows 11.

Windows 11

Ubah PC Windows Anda menjadi hotspot seluler dengan berbagi koneksi Internet dengan perangkat lain melalui Wi-Fi. Anda dapat berbagi koneksi data seluler, Ethernet, atau Wi-Fi. Jika PC Anda memiliki koneksi data seluler dan Anda membagikannya, PC akan menggunakan data dari paket data Anda.

  1. Pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan > Jaringan & internet > Hotspot seluler.

  2. Untuk Bagikan koneksi Internet saya dari, pilih koneksi internet yang ingin Anda bagikan.

  3. Untuk Berbagi melalui, pilih cara yang diinginkan untuk berbagi koneksi melalui Wi-Fi atau Bluetooth. Wi-Fi akan lebih cepat dan default.

  4. Pilih Edit> masukkan nama jaringan, kata sandi, dan band jaringan baru > Simpan.

  5. Aktifkan Hotspot bergerak.

  6. Untuk menyambungkan ke perangkat lain, masuk ke pengaturan Wi-Fi di perangkat tersebut, temukan nama jaringan Anda, pilih, masukkan kata sandi, lalu sambungkan.

Windows 10

Ubah PC Windows 10 anda menjadi hotspot seluler dengan berbagi koneksi internet dengan perangkat lain melalui Wi-Fi. Anda dapat berbagi koneksi data seluler, Ethernet, atau Wi-Fi. Jika PC Anda memiliki koneksi data seluler dan Anda membagikannya, PC akan menggunakan data dari paket data Anda.

  1. Pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan > Jaringan  & Internet > Hotspot seluler.