Find Us On Social Media :

MediaTek Pentonic akan Dukung Dolby Vision IQ dengan Precision Detail

By Cakrawala, Sabtu, 26 Maret 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi MediaTek

MediaTek kemarin di Taiwan mengumumkan perihal dukungan Dolby Vision IQ dengan Precision Detail untuk SoC smart TV tertentunya. MediaTek menyebutkan SoC seri Pentonic-nya yang ditujukan untuk smart TV 4K dan 8K akan mendukung Dolby Vision IQ dengan Precision Detail mulai semester kedua tahun 2022 ini. Dukungan akan Dolby Vision IQ dengan Precision Detail diklaim mampu membuat smart TV 4K dan 8K menampilkan konten Dolby Vision lebih baik lagi dari saat ini. MediaTek pun mengeklaim sebagai vendor SoC TV pertama di dunia yang mendukung Dolby Vision IQ dengan Precision Detail.

Dolby Vision IQ adalah peningkatan dari Dolby Vision. Dolby Vision IQ memafaatkan informasi mengenai cahaya sekitar TV untuk mengoptimalkan tampilan yang dihasilkan TV. Selain itu, Dolby Vision IQ juga akan memanfaatkan informasi mengenai konten yang ditampilkan untuk mengoptimalkan tampilan yang dihasilkan TV. Adapun Precision Detail, seperti namanya, disebutkan mampu membuat konten Dolby Vision ditampilkan dengan detail yang lebih tinggi, baik pada area yang terang maupun area yang gelap, dibandingkan tanpa fitur tersebut.

Ketika Anda menonton TV yang dimaksud dan Dolby Vision IQ bekerja; baik dalam ruangan yang gelap maupun ruangan yang terang, baik menonton film maupun konten lainnya; Anda akan beroleh pengalaman menonton yang optimal tanpa perlu tiap kali melakukan pengaturan secara manual. Tambahan Precision Detail membuat pula Anda beroleh gambar dengan detail yang makin bagus. Mengenai Dolby Vision sendiri bisa Anda lihat di sini.

“Dengan cip kami yang terdepan di industri, dipasangkan dengan teknologi visual dan audio menakjubkan yang ditenagai oleh Dolby, MediaTek dan Dolby membuat pengalaman hiburan yang benar-benar sinematik dan immersive makin mudah diakses,” kata Alex Chen (General Manager of the TV Business Unit di MediaTek). “Seri Pentonic MediaTek akan memudahkan OEM menghadirkan Dolby Vision IQ dengan Precision Detail ke generasi berikutnya dari smart TV 8K dan 4K,” tambahnya.

“Selama dekade terakhir, Dolby Vision terus meningkatkan standar pengalaman hiburan yang immersive. Dolby Vision IQ melanjutkan legasi ini dengan memperluas manfaat Dolby Vision di luar HDR melalui inovasi seperti Precision Detail,” ujar Mathias Bendull (Vice President Living Room di Dolby Laboratories). “Kami berharap kerja sama dengan MediaTek dan mitra OEM kami menghadirkan gambar Dolby Vision yang memukau untuk lebih banyak kasus penggunaan ke generasi berikutnya dari smart TV 8K dan 4K,” sebutnya lagi.

MediaTek menambahkan bahwa SoC seri Pentonic tersebut membolehkan pula produsen smart TV untuk mendukung aneka fitur yang meningkatkan pengalaman bermain gim dalam Dolby Vision. Fitur-fitur yang dimaksud seperti bermain gim dalam Dolby Vision dengan resolusi 4K dan refresh rate 120 Hz, ALLM (Auto Low Latency Mode), dan VRR (Variable Refresh Rate).