Find Us On Social Media :

Tips untuk Penjual di Tokopedia Hadapi Lonjakan Pesanan Jelang Ramadan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 30 Maret 2022 | 17:15 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Menjelang Ramadan 2022, kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho.

Tokopedia pun membagikan tips bagi para pegiat usaha terutama UMKM lokal agar bisa melakukan persiapan dengan lebih baik dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan.

1. Gunakan ‘Dilayani Tokopedia’

Jaringan ‘gudang pintar’ Dilayani Tokopedia dapat membantu penjual menjawab tantangan logistik antar pulau dengan lebih efisien.

Layanan ini memungkinkan penjual menitipkan stok produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi.

“Melalui Dilayani Tokopedia, penjual bisa memberikan ongkos kirim Rp0 se-Indonesia serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran,” jelas Trian.

2. Aktifkan Opsi Pengiriman Khusus Makanan

Menjelang Ramadan, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi hampers hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, dan hampers makanan menjadi yang paling populer.

Jangan lupa mengaktifkan pilihan pengiriman khusus untuk makanan ke luar kota. Pastikan pengemasan produk makanan kedap udara agar makanan tetap aman ketika sampai di pembeli.

3. Manfaatkan Modal Toko

Lewat Modal Toko, penjual yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan modal usaha tambahan untuk menunjang biaya operasional. Terdapat juga berbagai promo tertentu di Modal Toko yang berlaku selama Ramadan.

“Fasilitas pinjaman modal usaha ini menyediakan limit kredit yang fleksibel serta bisa ditarik kapan pun dan berapa pun sesuai kebutuhan. Selain itu, bunga pinjaman yang ditawarkan sangat terjangkau dan flat. Proses persetujuan pinjaman juga hanya dalam hitungan menit,” kata Trian.