Find Us On Social Media :

Baru 6 Bulan Beroperasi, Shopee Hengkang dari India dan Prancis

By Rizal, Jumat, 1 April 2022 | 09:00 WIB

Ilustrasi Kantor Shopee

Perusahaan raksasa e-commerce Shopee memutuskan untuk menghentikan bisnis operasionalnya dan hengkang dari pasar India dan Prancis. Padahal, Shopee baru beroperasi di kedua negara itu dalam kurun waktu 6 bulan saja.

Juru bicara Shopee beralasan keputusan ini diambil atas dasar "ketidakpastian" yang melanda pasar global dan Shopee akan membantu para mitra untuk proses penutupan bisnis yang lancar.

"Selama masa transisi ini, kami akan fokus untuk mendukung komunitas penjual dan pembeli lokal kami, begitu juga tim lokal kami, untuk membuat prosesnya semulus mungkin," ujar seorang juru bicara Shopee, dikutip TechCrunch.

Shopee akan terus memberikan dampak positif ke komunitas global dan memperbaiki kehidupan pengguna yang kurang terlayani melalui teknologi. Setelah resmi tutup, Shopee tetap membuka layanan purna jual (after sales) dan keluhan pelanggan, mungkin hingga beberapa waktu ke depan.

Shopee resmi meluncur di India sekitar Oktober 2021 lalu. Shopee menawarkan beragam benefit kepada para pengguna lokal, seperti gratis ongkos kirim (ongkir) dan biaya admin atau layanan pada awal peluncuran e-commerce yang tergabung dalam Sea Group Limited tersebut.

Sayangnya, banyak yang mengkritisi kehadiran Shopee di India. Salah satu perkumpulan pedagang di sana (CAIT) sempat mengkritik Shopee dan protes kepada pemerintah India karena Shopee tergolong sebagai perusahaan asing yang akan mengancam para pedagang lokal dan ekosistem pasar atau e-commerce yang sudah berjalan di sana.

Tutup di Prancis

Tak hanya India, Shopee juga sudah lebih dulu hengkang dari pasar Prancis. Shopee resmi menghentikan seluruh operasional situs web miliknya di Perancis sejak 6 Maret 2022.

Dalam sebuah notifikasi di situs Shopee Prancis, Shopee berjanji akan menyelesaikan seluruh pesanan yang masuk hingga tanggal 6 Maret.

Setelah 6 Maret, operasional berikut layanan purna-jual Shopee Prancis akan dihentikan seluruhnya.

Shopee boleh dibilang sukses menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi di wilayah Asia Tenggara, setidaknya untuk tahun 2021.

Kesuksesan di pasar Asia Tenggara tersebut diikuti dengan ekspansi besar-besar Shopee ke wilayah pasar lainnya.