Find Us On Social Media :

Ramadan Tiba, Ini 5 Klub untuk Berdiskusi Keagamaan di Clubhouse

By Indah PM, Kamis, 14 April 2022 | 08:30 WIB

ClubHouse

Bulan Ramadan menjadi waktu yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia untuk saling berbagi, berbuat baik, dan memperbanyak waktu ibadah sambil menghabiskan waktu bersama keluarga.

Saat Ramadan, ada pula momen berharga yang paling ditunggu-tunggu, seperti berbuka puasa bersama, salat tarawih, membaca Al-Quran, dan mendengarkan dakwah.

Beruntung, perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk dapat melakukan kegiatan keagamaan tersebut secara daring, termasuk di Clubhouse.

Selama Ramadan ini, makin banyak klub di aplikasi berbasis audio ini membuat ruangan yang berhubungan dengan kegiatan Ramadan, baik pada saat siang hari atau saat sahur.

Ada klub CH Virtual Hospital, sebuah klub yang biasanya berdiskusi tentang kesehatan dan rumah sakit, kini selama bulan Ramadan, mereka kerap membuat ruang untuk beribadah seperti membaca Al-Quran bersama sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Selain itu, klub lain seperti Psychology Club juga mengadakan ruang edisi Ramadan bertajuk “Kebaikan kecil yang bisa dilakukan setiap hari” untuk mendorong Clubhousers melakukan lebih banyak perbuatan baik di bulan suci ini.

Tak hanya itu, masih banyak lagi klub muslim yang aktif membuat ruangan di Clubhouse, di mana mereka mengundang ustaz untuk mendiskusikan topik keagamaan, yang sudah dilakukan secara rutin tidak hanya di bulan Ramadan ini, dan juga dapat mendengarkan dakwah di Clubhouse.

Berikut ini daftar klub muslim yang bisa diikuti untuk menemani selama Ramadan.

1. Rumayshoo.com

Merupakan klub tempat berkumpul seluruh umat muslim untuk mengenal Islam lebih dekat dengan ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, M.Si. Klub ini biasanya mengadakan sesi membaca Al-Quran bersama semua anggota.

2. Mengaji (Tadarus Ahensi)

Klub ini membahas Kajian Ilmiah Islam berdasarkan Al-Quran dan Sunnah dengan pemahaman sahabat    Nabi Muhammad SAW.

3. Ngaji Quran Bareng