Find Us On Social Media :

Teknologi SALT Mampu Bantu Industri Ritel Menggarap Dunia Metaverse

By Rafki Fachrizal, Kamis, 14 April 2022 | 16:15 WIB

Ilustrasi Metaverse

Perusahaan pengembang software untuk transformasi digital perusahaan marketing, SALT, kini sudah dapat membantu jenama yang ingin mengembangkan toko ritelnya di metaverse.

SALT dapat mengakomodasi keinginan jenama atau perusahaan di industri ritel yang mau memberikan customer experience berbeda, di mana konsumen tidak hanya dapat berbelanja di toko fisik namun juga lewat toko digital atau meta store.

Pada situasi pandemi, dimana kontak fisik dan sosialisasi tatap muka sangat terbatas, banyak jenama mulai mengadopsi teknologi digital untuk bertahan dalam bisnis mereka, antara lain dengan beralih ke e-commerce dan memanfaatkan chatbot untuk customer relation.

Namun sejak metaverse hadir, dunia virtual baru itu kini menjadi saluran pendapatan baru untuk industri ritel terutama saat pasca-pandemi di mana konsumen sudah semakin terbiasa dengan gaya hidup digital.

Di metaverse, industri ritel bisa membuat replika toko mereka dalam format digital dan mengundang konsumen untuk mengunjungi meta store yang dapat diakses melalui ponsel, komputer, atau perangkat virtual reality (VR) Oculus.

Di meta store, pengunjung dapat merasakan pengalaman 3 dimensi layaknya dunia nyata. Mereka dapat berinteraksi dengan penjaga toko, memilih produk bahkan berbincang dengan teman-teman yang hadir juga di sana.

Karena metaverse dibangun menggunakan teknologi blockchain, di toko meta-ritel juga dapat dilakukan transaksi jual beli.

Jika mau, jenama bahkan dapat membuat koleksi produk digital dan juga NFT (Non-Fungible Token)-nya sendiri dan langsung dijual di meta store. 

Jika ada konsumen yang ingin berbelanja, di metaverse transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan uang fiat (mata uang sehari-hari) atau mata uang kripto.

Aktivitas Marketing di Metaverse

Perusahaan juga dapat mengintegrasikan rencana kampanye marketing mereka ke dalam meta store, misalnya dengan mengajak duta jenama Anda untuk mengunjungi meta store dan mempromosikannya pada akun media sosial mereka.

Begitu alamat meta store dipublikasikan, publik akan segera mengetahui dan bersiaplah menerima kunjungan dari warganet.

Kehadiran duta jenama di meta store dimana konsumen dapat berdiskusi langsung dengannya tentu akan menjadi gimmick yang menarik.