Find Us On Social Media :

Apple Bakal Pasang Sensor Lensa Telefoto Periskop Mulai iPhone 15

By Rizal, Sabtu, 16 April 2022 | 11:30 WIB

iPhone 13 Pro Max

Apple akan memasang sensor lensa telefoto periskopik ke line-up iPhone 15 pada 2023, mengingat Apple baru-baru ini menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Korsel Jahwa Electronics.

Korsel Jahwa Electronics akan menghabiskan lebih dari USD150 juta untuk membangun pabrik yang memproduksi aktuator OIS (optical image stabilization) terbaru.

Sebagai informasi, Jahwa Electronics juga memasok aktuator optical image stabilization (OIS) ke Samsung untuk smartphone Galaxy S22. Jahwa Electronics juga akan terus menggunakan fasilitasnya di Cheongju, Korea Selatan dan Vietnam untuk memasok aktuator OIS kepada Samsung.

Biasanya, Apple meminta pemasoknya membangun jalur produksi khusus yang eksklusif untuk suku cadangnya.

Bocoran lainnya, iPhone 14 Pro juga akan menggunakan sensor lensa telefoto periskopik tersebut seperti dikutip Gizmochina.

Sensor lensa telefoto periskopik memungkinkan kemampuan zoom lebih panjang karena pengaturan telefoto "dilipat" di dalam smartphone. Jadi, pengguna dapat mengharapkan optical zoom yang lebih tinggi dan hybrid zoom yang lebih baik pada model iPhone masa depan.

Jahwa Electronics telah keluar dari bisnis modul kamera smartphone pada 2020 dan hanya fokus pada bagian OIS dan autofokus. Aktuator OIS Jahwa Electronics menggabungkan fungsi OIS dan autofokus menjadi satu.

Bocoran iPhone 14

iPhone 13

Apple dikabarkan berencana menghilangkan takik atau notch iPhone 14 yang akan meluncur menjelang akhir tahun ini. Analis Apple Ming-Chi Kuo memprediksi Apple akan menghilangkan notch iPhone 14 Pro.

Sebagai gantinya, Apple akan membuat layar model punch-hole, satu lubang untuk tempat kamera depan, pada iPhone 14 model Pro.

Apple pertama kali memperkenalkan notch melalui iPhone X pada 2017. Desain itu segera menjadi pelopor tren desain layar ponsel seperti dikutip GSM Arena.

Notch hadir bukan tanpa sebab, ia merupakan tempat menaruh komponen untuk sistem pengenal wajah Face ID.