Find Us On Social Media :

Jangan Terjebak Macet!, Ini Daftar Aplikasi Pemantau Arus Mudik

By Rizal, Sabtu, 16 April 2022 | 15:00 WIB

5 Aplikasi untuk Pantau Kemacetan Selama Mudik Lebaran

Pemerintah RI mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran pada tahun ini usai dua tahun sebelumnya melarang sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Banyak masyarakat Indonesia yang antusias mudik ke kampung halaman pada tahun ini. Tentunya, Anda harus mengetahui jalur-jalur darat yang tidak macet dan membuat perjalanan Anda selamat sampai tujuan.

Karena itu, sebaiknya Anda yang ingin mudik wajib memiliki beberapa aplikasi pemantau jalur dan arus mudik yang dapat dipantu HP.

Berikut daftar aplikasi pemantau arus mudik lebaran:

1. NTMC Mudik

NTMC Mudik menjadi satu di antara aplikasi yang dirilis oleh Korlantas Mabes POLRI untuk membantu perjalanan pemudik sejak Lebaran tahun 2018. Melalui aplikasi ini, pemudik bisa mengakses informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area. Bahkan, pengguna bisa mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja dan informasi dari POLRI.

2. Travoy

Travoy

Aplikasi besutan Jasa Marga bisa membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan menginput tanggal keberangkatannya. Pemudik bisa melihat seberapa banyak orang yang akan mudik di tanggal yang mereka pilih. Tak hanya itu, aplikasi juga menawarkan sejumlah informasi penting lainnya seperti tarif tol, rest area, memesan makan di rest area yang berjarak 20 kilometer.

3. Waze

Waze mengumumkan fitur terbaru pada platformnya di Indonesia, yakni yang mengingatkan pengguna ketika mendekati perlintasan kereta api.

Sebenarnya pemudik bisa mengetahui tingkat kemacetan di jalan dan mendapat jalur alternatif tercepat. Bahkan, pemudik juga bisa mendapat informasi tentang kondisi jalan dari pengguna Waze lainnya secara real-time loh.