Find Us On Social Media :

Aplikasi Android ini Bantu Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa Ramadan

By Rizal, Minggu, 17 April 2022 | 17:30 WIB

Ilustrasi Aplikasi umma

Saat ini umat muslim di Indonesia sedang menjalankan ibadah puasa. Untungnya, ada banyak aplikasi yang mampu meningkatkan kualitas ibadah puasa di bulan Ramadan karena aplikasi-aplikasi Android ini tidak hanya menghadirkan jadwal sholat atau panduan menjalankan sholat tarawih saja.

Dengan adanya aplikasi Ramadhan maka kalian juga bisa lebih fokus untuk beribadah karena Anda bisa membuka aplikasi puasa untuk melakukan tadarus Al-Qur’an atau membaca dzikir dan doa.

Beragam aplikasi yang mendukung berbagai aktivitas saat menjalankan ibadah puasa pun, kini sudah banyak tersedia di toko aplikasi Android Google Play Store.

Berikut aplikasi Android yang mendukung kegiatan ibadah puasa, selama bulan suci Ramadhan:

1. Muslim Pro

Muslim Pro

Aplikasi ini bisa dibilang cukup lengkap karena menawarkan banyak fitur seperti pengatur waktu shalat, pengingat adzan, dan pengingat waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadhan.

Selain itu masih ada fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, Al-Qur'an dengan terjemahan, audio, dan fonetik, hingga tasbih digital untuk menghitung dzikir. Tak hanya itu, dalam aplikasi Muslim Pro, pengguna juga dapat memanfaatkan peta yang tersedia untuk menemukan rumah makan halal dan masjid terdekat. Aplikasi Muslim Pro kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store.

2. Al Quran Tajwid

Al Quran Tajwid merupakan aplikasi Al-Quran dengan khat Indonesia dan dilengkapi dengan tajwid berwarna. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur mulai dari Tafsir Al-Muyassar lengkap 30 juz, variasi Murottal yang bisa diunduh per-surah, dan Murottal yang bisa dijalankan sesuai dengan ayat yang sedang diputar.

3. Buku Saku Ramadhan

Aplikasi ini menyediakan informasi-informasi seputar Ramadhan termasuk materi mengenai keutamaan bulan Ramadhan, keutamaan puasa, syarat wajib puasa, doa-doa, shalat tarawih, amalan-amalan utama bulan Ramadhan, dan malam Lailatul Qadar.

4. Marbel - Panduan Puasa Ramadhan