Find Us On Social Media :

Konsep Unik Manufaktur 4.0 INKA: Gabungan Teknologi dan Craftmanship

By Wisnu Nugroho, Selasa, 19 April 2022 | 08:05 WIB

Manufaktur 4.0 milik INKA memadukan teknologi dan keahlian individu

Agustus nanti, ada alasan baru untuk datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di bulan kemerdekaan Indonesia tersebut, TMII rencananya akan mengoperasikan kereta layang generasi terbaru. Kereta layang ini akan menggunakan tenaga baterai, tidak lagi diesel seperti generasi sebelumnya. Yang tak kalah penting, kereta layang ini adalah autonomous train alias beroperasi sendiri tanpa perlu masinis atau kondektur. 

Setelah itu, di bulan Desember, TMII juga akan menyediakan bis yang bisa berjalan sendiri tanpa sopir. Akan ada 10 bus swakemudi yang berjalan mengikuti garis khusus mengelilingi taman terbesar di Indonesia tersebut. 

Yang membanggakan, kereta dan bus tanpa pengemudi itu seluruhnya adalah buatan INKA. Perusahaan negara yang berpusat di Madiun ini diam-diam telah mengembangkan berbagai produk transportasi canggih yang tidak kalah dengan negara lain. 

Selain di TMII, jejak inovasi INKA paling kentara tentu saja saat kereta LRT Jabodetabek beroperasi di Agustus 2022 nanti. Sebagai informasi, LRT ini akan berjalan secara otomatis dan hanya membutuhkan intervensi minimal dari masinis. 

“Saat ini sedang finalisasi sistem,” ungkap Agung Sedaju (Direktur Pengembangan PT. INKA) dalam sebuah wawancara eksklusif dengan InfoKomputer.

Gambaran Proses Produksi INKA

Agung sendiri adalah sosok penting dari seluruh inovasi di INKA. Dalam posisinya saat ini, pria kelahiran Malang ini memiliki tugas utama mengarahkan pengembangan INKA agar tetap relevan dengan perkembangan jaman. “Saya juga bertanggung jawab dalam pengembangan teknologi. Jadi teknologi akan dikembangkan ke arah mana,” ungkap Agung dengan logat Jawa Timuran yang lekat.

Secara prinsip, INKA saat ini fokus mengembangkan produk yang cepat (secara produksi), murah, dan berkualitas baik. Untuk mencapai itu, tiga pondasi utama yang harus dimiliki INKA adalah memiliki operasional cerdas, produk cerdas, dan ekosistem bisnis yang cerdas.

Untuk operasional cerdas, INKA telah memulainya sejak tahun 2012. Hal itu ditunjukkan dengan adopsi sistem ERP dari SAP untuk keseluruhan proses bisnis di INKA. Setelah itu, INKA mengadopsi sistem paperless systems. “Jadi gambar yang dibuat oleh tim teknologi dapat langsung diakses oleh tim produksi,” tambah pria ramah ini.

Saat mendesain sebuah kereta, INKA pun telah memanfaatkan proses yang sarat teknologi digital. Dari desain awal kereta, dilakukan digital prototyping untuk membuat 3D dari tiap komponen. “Jadi kita tahu, komponen ini tabrakan gak saat proses assembly,” tambah Agung. Setelah itu, dilakukan iterasi dengan metode finite element untuk memastikan daya tahan komponen tersebut. 

Jika semua sudah sesuai, desain kereta akan dicetak menggunakan 3D printing. Di sini, pelanggan INKA bisa melihat dan merasakan miniatur kereta secara fisik. Dengan gambaran yang lebih nyata seperti ini, pelanggan pun dapat lebih mudah dalam mengambil keputusan menyetujui atau tidak desain tersebut. “Jika desain sudah firmed, baru kami lanjut ke produksi,” tambah Agung.

Manufaktur 4.0 Unik ala INKA