Find Us On Social Media :

Beberap Aplikasi One-hit Wonder di Dunia Teknologi Informasi

By Dayu Akbar, Sabtu, 5 Mei 2018 | 07:00 WIB

 

Penggemar musik tentu tidak asing dengan istilah one-hit wonder. Bagi yang belum terlalu paham, one-hit wonder adalah sebuah karya musik (bisa satu lagu, bisa satu album) yang begitu populer dan membuat musisi atau artisnya melesat ke puncak ketenaran. Namun, ya hanya satu itu saja karyanya yang sukses.

Di dunia teknologi informasi, khususnya aplikasi, ternyata hal semacam ini juga ada. Ada aplikasi yang sangat populer dan digunakan oleh begitu banyak orang, tetapi ya hanya satu aplikasi itu yang sukses. Pengembangnya barangkali membuat juga aplikasi yang lain, tetapi gagal atau tidak sesukses aplikasi tadi. Bisa jadi pengembangnya hanya membuat satu aplikasi itu, dan karena begitu sukses, langsung diakuisisi oleh perusahaan lain yang jauh lebih besar. Perusahaan yang melakukan akuisisi tersebut kemungkinan besar telah memiliki banyak produk sukses lainnya, tetapi produk yang diakuisisi ini tetap layak untuk disebut sebagai sebuah one-hit wonder.

Nah, apa sajakah one-hit wonder di dunia aplikasi? Sebagian akan kami ceritakan untuk Anda.

Angry Birds

Siapa yang tak mengenal game yang begitu populer dan digandrungi banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa ini? Rasanya hampir tak ada. Namun tahukah Anda jika Rovio, perusahaan yang mengembangkan Angry Birds, sebelumnya telah memproduksi 51 jenis game dan tak satupun yang mampu meledak di pasar?

Angry Birds merupakan game ke-52 yang diciptakan oleh Rovio dan kita semua tahu game inilah yang membawa Rovio ke puncak kejayaan. Tak salah bukan bila Angry Birds disebut sebagai one-hit wonder bagi Rovio?

Angry Birds sendiri akhirnya diproduksi dalam berbagai tema dan variasi. Bukan game saja, Angry Birds diproduksi juga dalam bentuk mainan, film, bahkan taman bermain.

Per Juli 2015, Angry Birds telah diunduh sebanyak tiga miliar kali. Hal ini menjadikannya freemium game yang paling banyak diunduh. Angry Birds Star Wars hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk menjadi nomor satu di Apple App Store.

Sekarang, jika tanpa bantuan Google, apakah Anda bisa dengan mudah menyebutkan produk game Rovio selain Angry Birds?

Flappy Bird

Masih dari dunia game, kebetulan namanya juga mengandung kata “Bird”. Ya, Flappy Bird merupakan game yang popularitasnya meroket dengan sangat cepat sekaligus kontroversial. Meski game ini digandrungi oleh banyak orang, tetapi kritikus menganggapnya terlalu sulit dimainkan. Yang lebih parah lagi, Flappy Bird juga dianggap melanggar hak cipta karena ada beberapa unsur visual dari game lain yang hadir di game ini.

Apapun itu, Flappy Bird sudah menggelembungkan kantong pengembangnya, yaitu Dong Nguyen yang berasal dari Vietnam, meskipun dia mengatasnamakan pengembangan game ini pada perusahaannya, dotGEARS. Selama game ini masih tersedia, baik di Apple App Store maupun Google Play Store, Dong Nguyen telah menerima keuntungan sekitar US$50.000 dari iklan.