Find Us On Social Media :

Samsung Tab S3 with S-Pen: Pesaing Notebook Dengan Pena Digital

By Dayu Akbar, Sabtu, 5 Mei 2018 | 10:00 WIB

Meski secara umum pasar komputer tablet turun, Samsung tetap konsisten memperbarui jajaran produknya melalui seri Tab S3. Apa saja yang baru dari Samsung Tab S3 with S-Pen dibanding seri sebelumnya? Jawabannya: banyak.

Di antaranya dari sisi desain yang hadir lebih tipis. Area belakang menggunakan material berbahan kaca dengan tampilan glossy yang terlihat cukup keren. Meski imbasnya jadi mudah kotor akibat bercak sidik jari. Bagian depan menggunakan layar AMOLED berukuran 9,7 inci dengan resolusi 2.048 x 1.536 pixel yang memilili kerapatan 264 ppi. Menyaksikan konten berbasis video HD akan terlihat terang, tajam, dan kaya warna.

Tidak ketinggalan disertakan S-Pen yang merupakan pena digital yang berguna sebagai penunjang produktivitas. Sebagai penunjang produktivitas dari sisi aplikasi, telah disertakan aplikasi Microsoft yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, OneDrive, dan Skype.

Sebagai aksesoris tambahan, Samsung khusus menghadirkan POGO Keyboard yang bisa langsung dipasang ke sisi komputer tablet yang berbahan magnet. Kombinasi ini membuat Samsung Tab S3 memiliki bentuk menyerupai notebook. Asyiknya lagi, pengguna tidak perlu menghubungkannya dengan koneksi Bluetooth. Setelah terpasang, keyboard bisa langsung berfungsi dan tidak diperlukan pengisian baterai. Hanya saja, keyboard ini dijual terpisah.

Kameranya cukup menarik perhatian dengan kemampuannya menangkap gambar. Aplikasi kameranya sendiri  menyediakan pengaturan manual serta fitur untuk mengambil gambar objek secara virtual 3D. Kamera ini juga mampu merekam video sampai resolusi Ultra HD 3.840 x 2.160 pixel dengan hasil yang jernih dan tajam.

Dipersenjatai SoC Snapdragon 820 serta memori utama empat gigabyte, kinerja yang dihasilkan cukup impresif. Skor uji menunjukkan angka AnTuTu yang nyaris mendekati seratus ribu. Belum lagi skor lainnya yang terbilang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Tab S3 sudah cukup mumpuni dalam menjalankan berbagai aplikasi, termasuk game.

Mirip Notebook

Samsung menyediakan POGO Keyboard yang dilengkapi magnet sebagai penopang agar bisa berfungsi seperti notebook. Tanpa koneksi Bluetooth dan tidak membutuhkan pengisian daya, keyboard tersebut memiliki tombol dengan bentuk membulat dan diposisikan dengan jarak renggang.

Hasil uji

AnTuTu Benchmark 6.2.0 - Score 96425
PCMark for Android - Work Performance Score 4999
PCMark for Android - Work 2.0 battery life 5 jam 7 menit
3DMark - Ice Storm 13172
3DMark - Ice Storm Extreme 12322
3DMark - Ice Storm Unlimited 18868
GeekBench 3 - Single Core 1439
GeekBench 3 - Multi Core 3870

Kesimpulan

Samsung Tab S3 with S-Pen memiliki kinerja yang impresif, fitur lengkap, dan cocok sebagai penunjang produktivitas pengguna yang sibuk. Namun dengan kisaran harga mendekati sepuluh juta rupiah, komputer tablet ini mesti bersaing dengan notebook yang memiliki produktivitas serta kompatibilitas yang lebih baik.