Find Us On Social Media :

Northstar Pimpin Pendanaan Senilai US$22 Juta ke Startup NOICE

By Rafki Fachrizal, Rabu, 20 April 2022 | 12:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi NOICE

Platform konten audio lokal, NOICE, mengumumkan perolehan putaran pendanaan Seri A senilai US$22 juta atau setara dengan Rp316 miliar.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh Northstar dan diikuti oleh para investor sebelumnya, yaitu Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.

Perolehan pendanaan terbaru ini akan digunakan NOICE untuk mendukung ambisi perusahaan menjadi platform audio terbesar di Indonesia melalui percepatan akuisisi konten serta pengembangan platform teknologi audio bagi pengguna dan kreator.

Rado Ardian selaku CEO NOICE, mengatakan “Investasi ini menandai tonggak pencapaian berikutnya bagi NOICE untuk membuka pintu kesempatan lebih besar dalam mendisrupsi industri konten audio Indonesia ke depannya.”

“Investasi ini akan kami gunakan untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series untuk menghadirkan cerita-cerita terbaik Indonesia dari komunitas penulis/storytellers lokal dan mengadaptasinya ke dalam format audio. Kami telah menguji coba format baru ini dan melihat hasil interaksi dan retensi yang sangat menjanjikan. Ini benar-benar ruang baru yang menarik untuk dijelajahi dan memiliki banyak sekali potensi,” kata Rado lagi.

NOICE diklaim mampu menjembatani kesenjangan besar antara supply konten audio lokal yang saat ini lebih didominasi oleh konten musik.

Hingga saat ini NOICE telah memiliki lebih dari dua juta pengguna, pertumbuhan yang meningkat 4x lipat sejak tahun sebelumnya dengan waktu yang dihabiskan pendengar setiap harinya di aplikasi NOICE mencapai lebih dari 80 menit.

NOICE fokus pada produksi dan kurasi konten audio lokal di berbagai vertikal dengan menghadirkan lebih dari 40.000 konten di aplikasinya.

Baru-baru ini, NOICE juga berkolaborasi dengan komunitas penulis lokal Indonesia untuk meluncurkan konten terbaru dalam format audio drama series.

NOICE juga terus memperluas pilihan beragam konten podcastnya lewat kolaborasi dengan berbagai public figure dan influencer terkemuka seperti Raffi Ahmad, Arief Muhammad, Jerome Polin, Vincent, Desta, Andre Taulany dan masih banyak lagi.

Para konten kreator populer ini memiliki total lebih dari 130 juta+ pengikut dan subscriber di media sosial.

“Kehadiran mereka diharapkan menginspirasi lebih banyak kreator untuk ikut mencoba berkarya di industri konten audio serta menghadirkan konten mereka di NOICE,” cetus Rado.

Untuk mendorong lebih banyak kreator dalam membangun konten mereka, NOICE juga meluncurkan program pengembangan kreator secara menyeluruh untuk mendampingi mereka dalam perjalanan menjadi kreator konten audio dengan platform khusus berbasis SaaS (Software as a Service) yang memberikan kemudahan akses bagi para konten kreator untuk menghadirkan dan mengembangkan konten mereka di NOICE secara langsung.