Find Us On Social Media :

HappyFresh Gandeng FoodCycle Indonesia untuk Donasi Bahan Pangan

By Rafki Fachrizal, Kamis, 21 April 2022 | 15:45 WIB

Ilustrasi HappyFresh x FoodCycle Indonesia

Platform layanan belanja kebutuhan rumah harian atau bulanan secara online, HappyFresh, mengumumkan kerja sama dengan organisasi bank makanan non-profit, FoodCycle Indonesia.

Melalui kerja sama ini, HappyFresh mendonasikan kelebihan stok bahan pangan dari toko virtual HappyFresh Supermarket kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Berawal dari keprihatinan pihak HappyFresh pada kondisi sulit masyarakat sejak pandemi merebak, HappyFresh melanjutkan komitmennya untuk mengulurkan bantuan. Kali ini donasi yang disalurkan berupa kelebihan stok bahan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan, serta kesulitan mendapatkan bahan pangan sehat dan berkualitas,” ujar Co-founder dan CTO HappyFresh, Fajar Budiprasetyo.

Dalam kerja sama ini, FoodCycle Indonesia berperan sebagai perantara yang akan mendistribusikan bahan pangan kepada penerima donasi.

Managing Director HappyFresh Indonesia, Filippo Candrini menyatakan, “Setiap orang harus memiliki akses terhadap pangan dan HappyFresh memiliki tujuan untuk berperan melayani seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Melihat berbagai program inspiratif dan efektif yang dijalankan oleh FoodCycle Indonesia, kami memutuskan untuk melakukan kerjasama berkesinambungan dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan sekaligus membantu kami dalam mengelola kelebihan stok bahan pangan lebih baik lagi. Kami berharap kerja sama dengan FoodCycle Indonesia dapat menginspirasi komunitas retailer lebih luas untuk mengambil peran aktif dalam memerangi limbah makanan.”

Berdasarkan laporan singkat World Food Program (WFP) pada awal tahun 2022, akses terhadap pangan di Indonesia masih tidak merata dengan dipengaruhi adanya faktor seperti kemiskinan dan infrastruktur yang belum memadai.

Tingginya harga bahan pangan mengakibatkan 19,4 juta orang masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Lebih lanjut, laporan oleh WFP menunjukan bahwa lebih dari 37 persen anak di bawah 5 tahun mengalami pertumbuhan yang terhambat akibat kekurangan gizi dan hampir seperempat wanita usia subur menderita anemia.

Kondisi ini pula yang turut mendorong HappyFresh dalam meneruskan kebaikan bagi masyarakat Indonesia.

“Kami menyambut baik inisiatif HappyFresh untuk bekerjasama dengan FoodCycle Indonesia dalam mendonasikan kelebihan stok bahan pangan dari HappyFresh Supermarket. Lewat kegiatan ini, kami berharap dapat mengentaskan kelaparan dan membantu saudara kita yang membutuhkan, yang sejalan dengan misi FoodCycle Indonesia. Harapan kami dengan kegiatan ini akan menjadi langkah awal untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” ucap General Manager, FoodCycle Indonesia, Cogito Ergo Sumadi.

Hingga saat ini, total donasi dari HappyFresh yang telah diserahkan kepada FoodCycle Indonesia adalah sejumlah 435.66 kg kelebihan stok bahan pangan.

Donasi ini akan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan melalui satu organisasi yang disebut Front Line Organization (FLO), yang merupakan yayasan atau institusi yang menaungi masyarakat kurang mampu.

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan di Aplikasinya, HappyFresh Bermitra dengan SHIELD