Find Us On Social Media :

Demi Harga Murah, Smartphone LG akan Gunakan Layar LCD

By Adam Rizal, Minggu, 6 Mei 2018 | 06:26 WIB

LG V30

Divisi LG Smartphone sedang berjuang untuk meningkat penjualan smartphone-nya, mengingat divisi Smartphone LG terus merugi dalam beberapa tahu terakhir. Apalagi, LG harus bersaing dengan vendor smartphone asal Tiongkok yang menawarkan harga smartphone murah-meriah.

Para pengamat teknologi asal Korea Selatan (Korsel) memprediksi LG akan menggunakan panel LCD untuk smartphone-smartphone terbaru di masa depan, mengingat harga panel layar OLED sangat mahal atau lebih mahal hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan LCD.

Panel layar OLED memang menawarkan dimensi yang lebih tipis dan efisien dalam hal penggunaan energi tetapi harganya jauh lebih mahal dua kali lipat ketimbang LCD.

Apalagi, smartphone LG Electronis memang menggunakan layar LCD, jadi tidak mengherankan jika penerus smartphone LG G6 tidak menggunakan panel OLED seperti dikutip GSM Arena.

Saat ini LG Display memang memproduksi layar organic light-emitting diode atau OLED untuk smartphone dan televisi. Bahkan, LG Display telah melakukan investasi belasan miliar dolar untuk meningkatkan produksi layar OLED tersebut selama tiga tahun ke depan.

LG pun akan memasok panel OLED untuk iPhone X buatan tahun ini.

Smartphone Flagship Molor

Sesuai tradisi, mayoritas para pabrikan smartphone selalu meluncurkan smartphone flagship dan tercanggihnya setiap tahun untuk merebut hati pelanggan dan membuktikan konsistensinya di pasar.

Namun, LG tampaknya merubah kebijakan dan strategi perusahaan untuk tidak meluncurkan smartphone flagship-nya setiap tahun. Padahal, LG selalu meluncurkan smartphone LG seri G pada kuartal pertama dan seri V pada kuartal kedua setiap tahunnya.

"Kami berencana mempertahankan model yang sudah ada dalam waktu yang lebih lama dan kami tidak akan mengikuti vendor smartphone lainnya yang meluncurkan smartphone flagship setiap tahunnya," kata Cho Sung-jin (Vice Chairman LG) seperti dikutip The Korea Herald.

"Kami akan meluncurkan smartphone terbaru ketika kami rasa sudah waktunya bukan berdasarkan rival kami mempunyai produk baru," ujarnya.

Selama ini siklus perilisan smartphone flagship LG memang sama dengan siklus flagship Samsung. Setiap tahunnya, saat Samsung meluncurkan varian flagship Galaxy S, LG pasti juga meluncurkan varian flagship G.