Find Us On Social Media :

OT Digunakan Melukai Serius Seseorang: Tidak dalam Pengawasan Kita

By Cakrawala, Sabtu, 23 April 2022 | 22:45 WIB

Ilustrasi cyber security pada layanan kesehatan.

Penulis: Samuel Hill (Direktur Pemasaran Produk, Medigate)

 

Gartner baru saja menerbitkan sebuah opini menarik, yang membuat saya berpikir tentang banyak masalah yang dihadapi para Healthcare Delivery Organization (HDO). Terkadang, mudah untuk melihat masalah-masalah tersebut dan tidak menawarkan informasi yang berguna tentang bagaimana memecahkan tantangan. Saya menghargai ringkasan singkat Gartner tentang masalah ini dan langkah-langkah tindakan yang jelas untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Jika Anda belum membaca pendapat mereka, Anda dapat menemukannya di sini.

Meskipun sebagian besar serangan siber alias cyber attack yang dilaporkan sebelumnya di Asia Tenggara berfokus pada pelanggaran data alias data breach, seperti serangan di klinik rawat jalan spesialis SingHealth pada tahun 2018 silam; dalam beberapa tahun terakhir ada gangguan lain yang lebih jahat. Pada bulan Agustus 2021, unit Tokio Marine di Singapura terkena ransomware, dan segera setelah itu muncul berita bahwa kemungkinan terjadi serangan siber yang disponsori sebuah negara telah menargetkan sektor publik dan swasta di seluruh Asia Tenggara, memengaruhi Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, Laos, Kamboja, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Gartner mengkhawatirkan bahwa aktor jahat akan melakukan yang lebih buruk dalam waktu dekat, dan diprediksi akan menggunakan Operational Technology (OT) untuk secara serius melukai atau bahkan membunuh seseorang dalam beberapa tahun ke depan. Sementara OT ada di banyak industri yang berbeda, dengan tingkat kompleksitas yang sangat bervariasi; ancaman terhadap industri kesehatan dari klaim ini segera dipahami, karena pasien datang ke HDO kami untuk perawatan pada saat mereka membutuhkan.

Industri kesehatan ditantang secara unik dengan OT dan Internet of Medical Things (IoMT), karena begitu banyak perangkat ini yang terlibat langsung dalam perawatan pasien. Memiliki senjata pompa IV tidak terpikirkan, jadi kita harus melakukan semua yang diperlukan untuk mencegah hal ini. Selain perangkat, kompleksitas organisasi juga menciptakan lingkungan yang membuat strategi keamanan perangkat sulit untuk diterapkan. Kesulitan utama adalah operasi tertutup yang bertanggung jawab untuk bagian terisolasi dari keamanan IoMT & OT serta berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan HDO.

Judul ini memiliki unsur emosional tinggi bahwa seseorang mungkin terluka parah atau terbunuh karena serangan terhadap OT atau IoMT, dan hal ini menuntut pembaca laporan untuk memperhatikan lebih detil — tentu saja saya lakukan! Saya terus memikirkan bahwa hal tersebut tidak bisa terjadi dalam pengawasan kita. Saat saya memproses pendapat dan rekomendasi berharga dari Gartner, saya mendapati diri saya berpikir tentang mengapa Medigate ada sebagai sebuah perusahaan. Bagaimana kami bermitra dengan pelanggan kami untuk memecahkan banyak tantangan yang digariskan Gartner dan langkah-langkah masa depan yang harus kami ambil untuk mencegah hal ini terjadi pada layanan kesehatan.

Medigate hadir untuk menjadi platform vertikal yang mengatur dan menambah keseluruhan program keamanan HDO. Kami hanya fokus pada ruang IoT & OT medis sejak awal dan kami telah membantu peningkatan jumlah HDO yang pesat dengan proses ini. Kami juga mempelajari banyak wawasan berharga sepanjang perjalanan. Dengan sejarah mendalam perangkat dan prosedur layanan kesehatan ini, menjadi jelas bahwa sebagian besar rekomendasi yang dibuat Gartner selaras dengan strategi kami.