Find Us On Social Media :

Moto G5S Plus: Kamera Ganda untuk Kombinasi Monokrom dan RGB

By Dayu Akbar, Senin, 7 Mei 2018 | 06:55 WIB

Selain selfie, tren kamera ganda banyak dihadirkan sebagai daya tarik bagi smartphone di kelas menengah. Ini pula yang coba dihadirkan Moto G5S Plus dengan menyertakan dua kamera belakang yang sama-sama memiliki resolusi tiga belas megapixel.

Konsep dua kamera yang diusungnya merupakan kombinasi antara tangkapan monokrom dan warna (RGB) agar hasil foto mendapatkan warna mendekati aslinya. Namun tidak hanya itu, Anda pun bisa mendapatkan hasil foto dengan bokeh yang bisa diperoleh secara instan maupun manual, yang bisa dilakukan melalui pemilihan mode pada aplikasi kamera.

Menariknya, bokeh bisa diatur meski foto telah diambil alias Anda sudah menjepret. Anda bisa menyunting hasil foto dengan mengatur bokeh sebelum foto tersimpan secara permanen. Hanya saja, saat mengaktifkan mode depth of field, shutter lag terjadi beberapa detik sehingga agak menyulitkan jika Anda ingin berlama-lama fokus pada objek yang dituju. Kamera depan memiliki resolusi lebih rendah, yaitu delapan megapixel. Resolusi ini sudah cukup baik untuk ber-selfie. Adapun perekaman videonya sampai resolusi Full HD. Untuk kondisi kurang cahaya, telah disertakan pula lampu LED.

Dari sisi fisik, Moto G5S Plus hadir dengan material berbalut logam serta bagian belakang dengan warna abu-abu. Ini masih ditambah dengan teknologi nano coating yang membuatnya tahan terhadap percikan air sehingga aman jika Anda kebasahan akibat kehujanan.

Berbekal panel IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel), layar terlihat tajam dengan warna yang baik, juga nyaman dilihat. Begitu pula saat dilihat dalam kondisi terang, seperti di luar ruangan saat matahari sedang terik. Adanya sensor cahaya membuat tingkat kecerahan secara otomatis akan menyesuaikan dengan kondisi.

Dari sisi kinerja, berbasis SoC Snapdragon 625 dan memori utama empat gigabyte, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar, termasuk bermain game terkini. Perpindahan aplikasi saat multitasking juga tidak bermasalah.

Baterai 3.000 mAh juga menjadi tawaran yang menarik. Dengannya Anda bisa melakukan aktivitas seharian dalam pemakaian internet sambil bermedia sosial. Kondisi baterai bisa bertahan sejak pagi sampai malam hari dengan kondisi pemakaian tersebut.

Dual Kamera

Kamera ganda ini untuk menangkap foto dengan detail tinggi. Kamera pertama untuk menangkap foto berwarna dan kamera kedua untuk foto monokrom.

Hasil uji

AnTuTu Benchmark 6.2.7 - Score 63619
PCMark for Android 2.0.3715 - Work Performance Score 4847
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm 11998
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Extreme 8310
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Unlimited 13643
GeekBench 4 - Single Core 843
GeekBench 4 - Multi Core 4253

Kesimpulan