Find Us On Social Media :

Begini Cara Hemat Baterai HP Supaya Tak Cepat Habis Saat Mudik Lebaran

By Adam Rizal, Minggu, 24 April 2022 | 17:00 WIB

Tujuh Tips Hemat Baterai Ponsel Pintar Ketika Mati Listrik

Sebentar lagi umat Islam di Indonesia akan merayakan hari raya Idul Fitri 2022. Salah satu budaya mengakar menjelang lebaran adalah mudik yaitu pulang kampung untuk menyambung tali silaturahmi ke saudara di kampung.

Tentunya perjalanan mudik membutuhkan waktu yang cukup lama, menyusul banyak masyarakat Indonesia yang mudik menggunakan moda transportasi darat seperti mobil pribadi dan bus.

Salah satu aktivitas pemudik untuk menghabiskan waktu selama perjalanan ke kampung halaman adalah main HP. Tentunya hal itu akan membuat daya baterai cepat habis sebelum sampai ke lokasi tujuan.

Bila baterai HP habis, Anda mungkin bakal kesulitan untuk melakukan beberapa hal penting guna mendukung kelancaran perjalanan mudik Lebaran, misal untuk menghubungi saudara, mencari rute perjalanan, mencari informasi terkini kondisi lalu lintas, dan sebagainya.

Berikut cara menghemat daya baterai HP supaya tidak cepat habis selama mudik lebaran:

1. Mengurangi menjalankan aplikasi berat

Cara menghemat baterai HP yang pertama adalah mengurangi menjalankan aplikasi berat, seperti game online 3D, pemutaran video, dan sebagainya. Anda dapat memeriksa aplikasi yang paling boros mengonsumsi baterai dan mulai menghentikan atau mengurangi pengoperasiannya.

Cara memeriksa aplikasi tersebut berbeda-beda di tiap HP. Di HP berbasis Android, misalnya, pengguna bisa mengunjungi opsi "Settings" dan pergi ke menu "Baterry & performance" dan pilih "Power usage". Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

2. Menurunkan tingkat kecerahan layar

HP dengan pengaturan tingkat kecerahan layar yang tinggi, biasanya bakal membuat daya jadi cepat terkuras. Dengan demikian, menghemat baterai HP bisa dilakukan dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang ideal.

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar HP secara manual, supaya bisa mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama. Bila mengaktifkan fitur kecerahan otomatis, terdapat sensor tambahan yang bakal bekerja dan bisa mengonsumsi daya secara perlahan.

3. Matikan fitur konektivitas saat tak digunakan