Find Us On Social Media :

Apa Itu Cyber Security? Kenapa Sekarang Cyber Security Tambah Penting?

By Cakrawala, Minggu, 24 April 2022 | 19:00 WIB

Ilustrasi cyber security.

Istilah cyber security atau cybersecurity sekarang makin sering terdengar di dunia. Menurut Google Trends, penelusuran akan cyber security memiliki tren yang terus meningkat di dunia sampai saat ini, setidaknya sejak data tahun 2004 yang merupakan data yang paling awal tersedia. Hal itu serupa dengan yang InfoKomputer sampaikan di sini. Sementara, khusus Indonesia, puncak penelusuran akan cyber security adalah pada kuartal pertama tahun 2019 lalu. Meski kini menurun, tetapi dibandingkan lima tahun lalu maupun sebelumnya lagi, penelusuran akan cyber security di tanah air trennya tetap meningkat.

Namun, apa sesungguhnya cyber security alias keamanan siber ini? Mengapa pula sekarang tambah penting?

Menurut ISO (International Organization for Standardization), tepatnya ISO/IEC 27032; mengutip dari sejumlah sumber; cyber security atau cyberspace security adalah preservasi dari kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di cyberspace. Adapun cyberspace merujuk pada lingkungan yang kompleks yang merupakan hasil dari interaksi antara orang, peranti lunak, dan layanan-layanan internet melalui penggunaan aneka perangkat teknologi dan berbagai koneksi jaringan; lingkungan yang tidak memiliki wujud.

Sementara, menurut Kaspersky; cyber security adalah suatu praktik melindungi para komputer, server, perangkat mobile, sistem elektronik, jaringan, dan data dari serangan-serangan jahat. Begitu pula Cisco yang mendefinisikan cyber security sebagai praktik melindungi berbagai sistem, jaringan, dan program dari serangan-serangan digital.

Jadi, secara ringkas apa sebenarnya cyber security ini?

Cyber security bisa dibilang merupakan tindakan untuk melindungi informasi di dunia maya dari aneka cyber attack alias serangan siber. Secara lebih luas, cyber security adalah tindakan untuk melindungi informasi di dunia maya, tidak hanya dari cyber attack melainkan juga dari berbagai hal lain yang bisa mengganggunya.

Lalu kenapa sekarang cyber security tambah penting?

Bertambah pentingnya cyber security karena sekarang penggunaan komputer serta penggunaan jaringan komputer makin banyak dalam kehidupan umat manusia sehari-hari sehingga membuat tindakan untuk melindunginya, termasuk informasi di dalamnya, dari aneka insiden — cyber security incident — makin penting. Pasalnya, cyber security incident yang dimaksud bisa mengganggu perihal kehidupan tersebut.

Lagi pula, makin lazimnya penggunaan komputer dan jaringannya itu membuatnya makin menarik untuk para cyber attacker alias penyerang siber. Dengan banyaknya yang menggunakan, dampak cyber attack — salah satu cyber security incident — yang berhasil juga menjadi signifikan.

Penggunaan Komputer dan Jaringannya Makin Banyak

Makin banyaknya penggunaan komputer seperti desktop, laptop, smartphone, server, dan perangkat IoT (internet of things) serta penggunaan jaringan komputer seperti internet dalam kehidupan umat manusia sehari-hari misalnya tercermin dari laporan yang dikeluarkan We Are Social dan Hootsuite. Sementara, khusus di Indonesia, hal itu tercermin dari data BPS (Badan Pusat Statistik).