Find Us On Social Media :

Telegram Premium Versi Beta Resmi Meluncur, Ini Perbedaannya

By Rizal, Rabu, 4 Mei 2022 | 11:30 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Aplikasi pesan instan Telegram meluncurkan layanan terbaru Telegram Premium versi beta yang memungkinkan pengguna membayar terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Hal itu dikarenakan adanya set stiker dan emoji yang bisa diakses hanya lewat langganan berbayar.

Tentunya, stiker itu tidak bisa diakses oleh pengguna yang tak berbayar dan sistem akan mengarahkan pengguna yang tak berbayar untuk berlangganan terlebih dahulu. Telegram Premium versi beta muncul di App Store Apple dengan versi 8.7.2.

Bocoran lainnya, Telegram akan menyematkan fitur-fitur lainnya ke layanan Telegram Premium seperti akses aset kripto, fitur chatbot, hingga siaran langsung seperti dikutip The Verge.

Pendiri Telegram Pavel Durov sendiri memiliki rencana supaya Telegram meraup pendapatan pada 2021.

Karena itu, Telegram terus memonetisasi layanannya mulai dari menghadirkan Telegram Premium hingga aplikasi super yang memungkinkan pengguna menggunakan banyak layanan dari satu aplikasi.

Telegram yakin layanan berbayarnya itu akan mendapatkan respon positif karena Telegram telah memiliki 500 juta pengguna di layanannya.

TON

Telegram

Telegram melihat mata uang kripto memiliki prospek penting di masa depan. Karena itu, Telegram menghadirkan layanan yang memungkinkan penggunanya dapa mengirimkanaset kripto dalam bentuk Toncoin.

Toncoin sendiri berasal dari TON (The Open Network) dan transaksi pengiriman antarpengguna lewat Telegram akan berlangsung tanpa biaya tambahan.

Cara kerjanya, transaksi pengiriman aset kripto di Telegram itu mengharuskan pengguna terkoneksi dengan bot Wallet Telegram lalu pengguna bisa menuju pilihan "Lampiran Anda".