Find Us On Social Media :

Mantap Buat Mudik, Begini Kemampuan Baterai realme C35

By Dayu Akbar, Kamis, 5 Mei 2022 | 08:00 WIB

Mudik atau pulang kampung saat lebaran memang jadi momen spesial yang dinanti. Apalagi saat ini pemerintah sudah melonggarkan aturan perjalanan sehingga masyarakat memiliki pilihan untuk merayakan hari raya tahun ini di kampung halaman.

Nah guna menemani saat mudik, realme memiliki smartphone yang dirancang dengan daya tahan baterai panjang. Salah satunya melalui realme C35 yang merupakan lini seri C terbaru yang dilengkapi dengan kapasitas baterai besar. Dengan kapasitas 5000 mAh, realme telah mengoptimalkan penggunaannya agar lebih irit daya.

Kombinasi ini membuat pengguna bisa menonton video, medsos, bermain game, dan memotret dalam waktu lebih lama untuk mengisi waktu saat melakukan perjalanan mudik tanpa perlu takut kehabisan daya. Bahkan realme sendiri mengklaim bahwa baterai seri C35 bisa bertahan hingga 39 hari dalam mode siaga. 

Selain kapasitas besar, realme juga menyematkan teknologi untuk penghemat daya. Diantara fitur yang bisa digunakan yaitu App Quick Freeze. Fitur ini berfungsi membekukan aplikasi yang tidak di pakai, karena ada beberapa aplikasi yang pastinya menyedot daya, sehingga daya baterai akan terkuras cepat.

Dalam kondisi darurat, pengguna juga bisa mengaktifkan Ultra Saving Mode atau Mode Hemat Ultra. Pada mode ini, meskipun tersisa 5% baterainya masih bisa menjalankan enam fungsi inti dari smartphone seperti melakukan panggilan hingga 1,8 jam, serta waktu siaga selama 50 jam.

Untuk pengisian baterai, realme C35 telah disematkan teknologi fast charging 18 watt dan realme telah menyertakan adapter charging 18 watt dalam paket penjualannya.

Pengujian real time

Diluar dari klaim tersebut, kami sempat menguji kemampuan baterainya. Pengujian kami lakukan dalam beberapa skenario. Diantaranya menggunakan PCMark for Android dengan skenario Work 2.0 Battery Life. Pada skenario ini baterainya bisa bertahan sampai 17 jam 20 menit, salah satu waktu terlama selama pengujian yang pernah kami lakukan.

Pengujian sederhana lainnya kami lakukan dengan memainkan beberapa game selama kurun waktu sekitar 30 menit. Pada pengaturan default, game PUBG Mobile dan Mobile Legends hanya menguras daya sekitar 6% saja.

Begitu pula saat menonton Youtube menggunakan koneksi Wi-Fi. Dalam waktu 30 menit baterainya berkurang sekitar 4%.