Find Us On Social Media :

Review Prolink DS-3301: Bisa Bantu Bikin Pintar Perangkat di Rumah

By Cakrawala, Jumat, 10 Juni 2022 | 23:00 WIB

Prolink DS-3301.

Meskipun sekarang sudah terdapat berbagai perangkat rumah tangga maupun perangkat elektronik untuk consumer yang bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone memanfaatkan aplikasi, perangkat sejenis yang pengendalian jarak jauhnya memanfaatkan inframerah masihlah umum. Nah, bagi yang ingin mengendalikan perangkat yang dimaksud melalui smartphone memanfaatkan aplikasi, Prolink menawarkan DS-3301.

Prolink sendiri mendefinisikan DS-3301 sebagai Smart IR Controller. Prolink DS-3301 mengubah instruksi yang diterimanya dari aplikasi di smartphone ke dalam sinyal inframerah yang menyerupai sinyal inframerah dari remote control alias pengendali jarak jauh suatu perangkat. Dengan kata lain Prolink DS-3301 bisa membantu membuat suatu perangkat seolah-olah menjadi pintar dalam artian terkoneksi ke jaringan dan bisa dikendalikan melaluinya.

Isi dari paket Prolink DS-3301 yang hadir di InfoKomputer. Terdapat adaptor beserta kabel untuk mencatu daya ke Prolink DS-3301.

Berbentuk bundar, Prolink DS-3301 memiliki dimensi yang ringkas, yakni 6,47 x 6,47 x 2,0 cm. Bobotnya pun ringan dengan hanya 68 gr. Dayanya sendiri disuplai melalui porta micro-USB. Pada paketnya, Prolink DS-3301 sudah menyertakan adaptor dan kabel yang sesuai. Adaptornya layaknya adaptor untuk smartphone dengan tegangan keluaran 5V dan arus kaluaran sampai 1 A. Menilik situs globalnya, adaptor ini adalah opsional. Namun; di toko resmi Prolink di e-commerce populer seperti Blibli, Tokopedia, dan Shopee; adaptor disertakan.

Menggunakan Prolink DS-3301 pun tidak sulit. Setelah menghubungkan adaptor ke jala-jala dan mengoneksikannya ke Prolink DS-3301, pengguna terlebih dahulu perlu mempersiapkan Prolink DS-3301, kecuali bila sebelumnya sudah dilakukan oleh pengguna atau pihak lain. Adapun untuk mempersiapkan Prolink DS-3301, pengguna harus mengunduh aplikasi Prolink mEzee dari Google Play atau App Store ke smartphone-nya. Setelah melakukan registrasi pada Prolink mEzee, pengguna selanjutnya menambahkan Prolink DS-3301 pada Prolink mEzee.

Sisi bawah Prolink DS-3301. Terdapat tombol reset di sisi bawah Prolink DS-3301 untuk mereset Prolink DS-3301 dan membuatnya masuk ke mode pairing.

Agar proses penambahan Prolink DS-3301 lebih mudah, pengguna bisa menghidupkan Bluetooth dan memberikan izin kepada Prolink mEzee untuk menggunakan fitur "Location" dan fitur "Nearby Devices". Pastikan juga Prolink mEzee berada pada mode pairing alias pada mode setup. Secara default, Prolink DS-3301 akan masuk ke mode pairing saat pertama kali dinyalakan bila belum pernah disiapkan sebelumnya. Selanjutnya pengguna bisa mengikuti petunjuk yang tampil. Pastikan juga Prolink DS-3301 mendapatkan sinyal Wi-Fi. Prolink DS-3301 membutuhkan koneksi ke Wi-Fi agar bisa dipersiapkan dan juga agar bisa digunakan.

Andai saat dinyalakan pertama kali, Prolink DS-3301 tidak masuk ke mode pairing, pengguna bisa mereset Prolink DS-3301 agar masuk ke mode pairing dengan menekan tombol reset yang berada di sisi bawah. Mode pairing sendiri ditandai dengan LED biru yang terus berkedip. Melakukan reset juga akan mengembalikan Prolink DS-3301 ke factory default. Oh ya, khusus untuk mempersiapkan Prolink DS-3301, smartphone yang digunakan juga harus memakai Wi-Fi yang sama. Berhubung Prolink DS-3301 hanya mendukung yang 2,4 GHz, ini bisa sedikit merepotkan bila pengguna sebelumnya hanya menyediakan dan memakai yang 5 GHz.

Prolink DS-3301 menggunakan porta micro-USB untuk memperoleh daya yang disuplai kepadanya.