Find Us On Social Media :

Lima Kemampuan Unik VPN Ini Perlu Diperhatikan di Era Digital

By Liana Threestayanti, Jumat, 6 Mei 2022 | 16:00 WIB

Ilustrasi VPN

Popularitas VPN meningkat saat pandemi COVID-19 merebak, sehingga pasarnya pun ikut terdongkrak. Apa saja kemampuan yang dihadirkan lewat layanan Virtual Private Network (VPN) ini?

VPN disebut Kaspersky sebagai alat serbaguna yang dimanfaatkan banyak orang sebagai “asisten” yang melindungi data pribadi saat melakukan tugas sehari-hari secara online. Namun, menurut Kaspersky, selain tugas standar yang terkenal seperti menjelajahi internet, ada beberapa kegunaan unik lain yang dimiliki VPN.

Survei Riset dan Pasar tentang VPN memprediksi nilai pasar VPN mencapai US$35,4 miliar pada tahun 2020. Sementara popularitas VPN juga terus meningkat tidak hanya karena banyak orang bekerja di rumah akibat pandemi. 

Peningkatan ini juga karena kesadaran digital pengguna selama beberapa tahun terakhir juga tumbuh. Pengguna ingin mengetahui lebih banyak mengenai transparansi akan bagaimana dan di mana data mereka disimpan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, para peneliti memperkirakan bahwa pasar VPN akan bernilai $107,6 Miliar pada tahun 2027.

Melihat semakin banyak orang di seluruh dunia mulai menggunakan layanan VPN untuk tugas sehari-hari, terutama dengan meningkatnya aktivitas jarak jauh di musim liburan, Kaspersky memaparkan lima kapabilitas unik dari VPN yang perlu diperhatikan di era digital saat ini.

1. Penggunaan layanan kencan online secara aman

Seiring peningkatan jumlah pengguna aplikasi kencan online atau situs jejaring sosial untuk menemukan pasangan, para scammer pun mengincar platform layanan kencan, karena mereka tahu bahwa orang-orang di platform ini mencari koneksi pribadi dan dapat dimanfaatkan. 

Menurut studi Kaspersky “Love in an algorithmic age”,  5% responden menjadi sasaran penjahat dunia maya, dan 31% telah dihubungi oleh penipu tetapi berhasil menghindari serangan. Oleh karena itu, privasi data tetap menjadi salah satu perhatian utama bagi pengguna aplikasi kencan.

Menurut studi Kaspersky dan Survei Risiko Keamanan TI Konsumen Kaspersky 2021, 29% pengguna layanan kencan menggunakan VPN di ponsel cerdasnya. Namun Kaspersky menggarisbawahi bahwa VPN tidak dapat melindungi dari semua jenis penipuan kencan, tetapi bisa sangat efisien untuk beberapa skenario.

Misalnya, salah satu manfaat VPN terkait privasi adalah menyembunyikan informasi lokasi sesungguhnya dari seseorang yang baru dikenal. Namun, pengguna tetap harus berhati-hati untuk memastikan aplikasi tidak menggunakan lokasi GPS pada perangkat pengguna.

VPN juga dapat berfungsi sebagai lapisan perlindungan tambahan untuk teks, obrolan, dan data pribadi dari akses yang tidak sah. Ini penting bagi pengguna yang mungkin ingin berbagi pesan atau informasi dengan match mereka.

2. Melindungi data bisnis dari mana saja di dunia