Find Us On Social Media :

Dorong Digitalisasi Ekonomi, Bank BPD Bali Manfaatkan Platform Cloud

By Liana Threestayanti, Selasa, 10 Mei 2022 | 18:30 WIB

Ilustrasi hybrid multi cloud Nutanix

Dalam upayanya untuk meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dan mendukung kemajuan ekonomi digital, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali mengadopsi platform cloud dari Nutanix

Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia dengan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai ujung tombaknya. 

Selain itu, UMKM juga terhitung memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi mengingat UMKM mencakup 99 persen dari total bisnis yang ada di Indonesia dan berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap PDB nasional.

Untuk mendukung roadmap nasional menuju peningkatan daya saing Indonesia, Bank BPD Bali mengumumkan rencana strategis untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital dan meningkatkan akses digital dan partisipasi bagi market UMKM di Bali yang sedang bertumbuh, dalam rangka mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi.

Butuh TI yang Gesit

Teknologi informasi (TI) telah menjadi andalan Bank BPD Bali dalam mendukung pelayanan ke lebih dari 70 persen nasabah UMKM di Bali dan Nusa Tenggara Barat. Namun, bank perlu memastikan dapat menangani berbagai disrupsi yang sedang membentuk industri layanan keuangan, termasuk pelayanan digital yang baru, perubahan regulasi, dan peningkatan permintaan nasabah. 

Meningkatkan waktu penyediaan bisnis ke pasar merupakan hal yang sangat penting di sektor finansial yang semakin kompetitif, mengingat sektor ini juga perlu mengurangi risiko operasional dan meningkatkan higienitas keamanan seiring upaya untuk terus memiliki skalabilitas dan bertransformasi.

Pada saat bersamaan, bank juga harus beradaptasi dengan tren baru di industri perbankan, seperti layanan digital, peraturan pemerintah, dan peningkatan permintaan dari nasabah. Menurut Bank BPD Bali, tantangannya terletak pada pemeliharaan infrastruktur lama yang membutuhkan waktu dan perhatian yang intens. Bank BPD Bali membutuhkan TI yang gesit yang dapat diberdayakan untuk memenuhi tuntutan para stakeholder dengan segera.

Capai Uptime 99 Persen

Untuk mencapai hal tersebut, Bank BPD Bali memanfaatkan Nutanix Cloud Platform sebagai platform pilihan untuk modernisasi data center dan menyimpan aplikasi bisnis yang sangat penting. Memanfaatkan Nutanix, Bank BPD Bali mengatakan mampu mempercepat transformasi digital dan memodernisasi proses bisnis, yang pada akhirnya memperkuat ketahanan bisnis dan efisiensi operasionalnya.

“Pendekatan digitalisasi bersama Nutanix adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis kami, terutama saat kami bermaksud untuk meningkatkan pertumbuhan dan mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital di Bali,” kata Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.Kom., M.M., Direktur Operasional Bank BPD Bali. 

Ida Bagus Gede Setia Yasa menjelaskan, dengan Nutanix, Bank BPD Bali berhasil mencapai KPI, yaitu 99,9 persen uptime. “Suatu pencapaian yang sangat penting bagi kami untuk dapat memberikan layanan berkualitas, sebagaimana yang diketahui oleh para nasabah dan yang membuat mereka percaya kepada kami. Pada saat yang sama, efisiensi TI kami juga meningkat sebesar 70 persen, memungkinkan kami untuk fokus pada inovasi strategis guna mendukung kebutuhan nasabah yang terus berkembang, terutama di sektor UMKM,” imbuhnya.