Find Us On Social Media :

Preview OPPO Find X5 Pro 5G: Lebih Baru, Ekspektasi Lebih Tinggi

By Dayu Akbar, Jumat, 13 Mei 2022 | 11:00 WIB

Di segmen flagship, OPPO menghadirkan smartphone seri terbaru yaitu Find X5 Pro 5G. Sesuai penamaannya, OPPO Find X5 Pro 5G merupakan suksesor dari Find X3 Pro 5G. Sebagai seri flagship yang lebih baru, OPPO coba menawarkan beberapa hal yang berbeda dibanding sebelumnya.

Sebelum meluncur secara resmi di Indonesia, kami lebih dulu kedatangan smartphone flagship tersebut. Namun perlu diketahui bahwa OPPO Find X5 Pro 5G  yang kami coba merupakan unit yang dipasarkan untuk wilayah Tiongkok. Jadi selain desain, kemungkinan perbedaan lainnya masih bisa terjadi, misalnya pada versi software maupun user interface yang digunakannya.

OPPO Find X5 Pro 5G menawarkan fitur unggulan yang agak berbeda dibanding sebelumnya. Yang paling terasa terlihat jelas tentu dari spesifikasinya yang lebih baru dan lebih tinggi. Namun sebagai flagship, kemewahan yang ditawarkannya tetap sama.

Desain

Jika Anda masih ingat dengan OPPO Find X3 Pro 5G yang pernah kami review, desainnya bisa dibilang nyaris sama. OPPO masih menampilkan desain belakang yang memiliki permukaan bodi mirip kaca. OPPO menyebutkan bahwa bodinya menggunakan material dari keramik yang dilapisi frame metal dan diklaim lebih kuat dari kaca. Bodinya sudah tahan terhadap air dan debu karena sudah mendapatkan sertifikasi IP68.

Perbedaan desain kamera belakang pada OPPO Find X3 Pro 5G (kiri) yang memiliki 4 lensa kamera dan OPPO Find X5 Pro 5G dengan 3 lensa kamera (kanan).

Desainnya makin terlihat premium karena di bagian frame kameranya dibuat menyatu dengan bodi smartphone. Yang sedikit berbeda adalah posisi dan jumlah kamera belakang serta Find X5 Pro yang menambahkan tulisan OPPO Hasselblad di sisi pinggir.

Terus terang, jika hanya melihat desainnya, ini adalah smartphone yang sangat keren dan kental dengan nuansa futuristik. Namun lagi-lagi yang masih jadi kendala dengan lapisan glossy adalah mudah kotor oleh bekas sidik jari, apalagi oleh tangan yang sedikit berminyak atau berkeringat.

Layar

Fitur layar yang keren di Find X3 Pro 5G ternyata masih digunakan pada Find X5 Pro 5G ini. Cuma jika sebelumnya menggunakan panel LTPO OLED maka kali ini digunakan LTPO2 AMOLED yang secara teori lebih bagus. Selain itu, panel tersebut juga membuat layar jadi lebih hemat daya dan tetap mampu menampilkan jutaan warna. Kami sendiri merasakan tampilan layar yang bening, warna yang lebih tajam dan terang.  

Desain premium terlihat dari bodi belakang yang terbuat dari lapisan keramik serta layar depan yang punya bezel tipis dan melengkung.

Sementara untuk resolusinya masih mengusung QHD+ atau 3.216 x 1.440 pixels. Ukurannya 6,7 inci dan memiliki refresh rate 120Hz. Untuk proteksi, layarnya sudah menggunakan Corning Gorilla Glass Victus yang mampu menahan goresan. Dari sisi desain, layarnya punya bezel tipis yang melengkung di sisi-sisinya sehingga menambah estetika premium yang membuatnya terlihat lebih mewah.