Find Us On Social Media :

Alasan Facebook Hentikan Fitur Pelacak Lokasi Akhir Bulan ini

By Rizal, Minggu, 15 Mei 2022 | 15:00 WIB

Facebook

Facebook akan menghentikan fitur layanan berbasis pelacakan lokasi pada 31 Mei 2022 dan menghapus semua data yang tersimpan pada 1 Agustus 2022.

Fitur-fitur yang terdampak adalah Nearby Friends, Weather Alerts, Location History, dan Background Location.

Facebook terpaksa menutup fitur itu karena jarang digunakan oleh para penggunannya.

"Kami tidak lagi menggunakan beberapa fitur berbasis lokasi di Facebook karena penggunaan yang rendah," kata juru bicara Emil Vazquez dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The Verge.

Sementara itu Facebook juga akan terus mengumpulkan informasi lokasi untuk pengalaman lain seperti menayangkan iklan yang relevan dan check-in lokasi sesuai dengan kebijakan datanya.

Facebook menjelaskan pengguan bisa melihat, mengunduh, atau menghapus data lokasi yang disimpan platform dalam menu Pengaturan dan Privasi. Jika tidak, Facebook akan secara otomatis menghapus semua data yang tersimpan terkait dengan layanan yang dihentikan pada 1 Agustus.

Tutup PodCast

Seberapa Besar Siaran Podcast Ancam Bisnis Media Radio Konvensional di Indonesia?

Facebook akan menutup layanan podcast yang belum genap satu tahun. Penutupan itu termasuk layanan berbagi audio berdurasi pendek Soundbites dan hub audio platform pada musim panas tahun ini.

Sedangkan, fitur Live Audio Rooms mengalami perubahan yang akan digabungkan ke dalam Facebook Live sehingga pengguna memiliki banyak opsi yaitu menayangkan hanya dengan audio atau audio dan video.

Penutupan ini menjadi bagian dari evaluasi ulang yang lebih luas dari produk audio Facebook.

"Setelah satu tahun belajar dan mengulangi pengalaman audio pertama, kami memutuskan untuk menyederhanakan rangkaian produk audio kami di Facebook. Kami terus mengevaluasi fitur yang kami tawarkan, sehingga kami dapat fokus memberikan pengalaman lebih baik," ujar Adelaide Coronado, juru bicara Meta.