Find Us On Social Media :

Alasan Apple Bakal Buang Standar Lightning Port, Ini Gantinya

By Rizal, Senin, 16 Mei 2022 | 17:30 WIB

iPhone, USB Type C

Pengamat dan penganalisa Apple Ming-Chi Kuo memprediksi Apple akan segera meninggalkan standar pengisian daya lightning port untuk semua perangkatnya mulai dari iPhone, AirPods, pengisi daya MagSafe, periferal mouse dan keyboard Apple.

Sebelumnya, Kuo juga pernah menganalisa Apple akan mendesain ulang iPhone untuk menampilkan port standar yang lebih universal pada paruh kedua 2023.

Hal itu dikuatkan analisan Bloomberg bahwa Apple akan membuang Lightning port iPhone pada 2023.

Sebagai gantinya, Apple akan memindahkan semuanya ke USB-C yang jauh lebih universal. USB-C adalah port pengisian daya berbentuk oval yang mungkin pernah Anda lihat di HP Android terbaru, pengontrol video game modern, dan bahkan beberapa produk Apple seperti MacBook.

Keunggulannya, USB Type-C menawarkan pengisian dan mentransfer data lebih cepat daripada Lightning.

Manfaat lainnya, USB Type-C dapat menggunakan kabel pengisian daya yang sama untuk setiap perangkat yang Anda miliki seperti dikutip Engadget.

Alasan lainnya, Apple ingin menghindari pengawasan peraturan daripada menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik sekaligus mengulangi limbah elektronik.

Sebagai informasi, Uni Eropa telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendorong port pengisian daya universal dan bulan lalu bergerak satu langkah lebih dekat untuk mewajibkan USB-C pada semua elektronik berukuran kecil dan menengah.

AirPods

Apple Luncurkan AirPods Pro Terbaru Akhir Oktober

Apple telah memiliki aksesoris earphone AirPods yang dapat terhubung ke iPhone, iPad, atau Macbook secara nirkabel melalui Bluetooth.

Namanya produk Apple yang banyak penggemarnya, AirPods pun memiliki banyak tiruan, palsu atau KW di pasar.