Find Us On Social Media :

Sama-sama Murah, Ini Perbandingan Spesifikasi Redmi 10A dan Redmi 9A

By Rizal, Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:00 WIB

Xiaomi Redmi 10A

Xiaomi resmi memperkenalkan Redmi 10A di Indonesia sekaligus menjadi suksesor Redmi 9A.

Redmi 10A mengusung spesifikasi yang mirip dengan Redmi 9A, mulai dari layarnya dengan bentang yang sama, resolusi kamera utama yang sama-sama 13 MP hingga chipset yang sama MediaTek Helio G25.

Berikut perbandingan spesifikasi Redmi 10A dan Redmi 9A.

Desain dan Layar

Redmi 10A menawarkan desain punggung dan modul kamera berbentuk persegi dengan ukuran yang besar. Modul itu berbeda dengan Redmi 9A yang berukuran lebih kecil. Modul ini menjadi rumah untuk kamera belakang Redmi 10A, lampu flash LED, sensor sidik jari hingga penamaan merek Redmi. Adapun Redmi 9A memiliki modul dengan bentuk seperti pil, diikuti garis yang turut memuat merek Redmi. Untuk tampilan depannya, Redmi 10A dan Redmi 9A sangat mirip karena mengusung layar 6,53 inci dengan resolusi HD+.

RAM dan Media Penyimpanan

Redmi 10A dan Redmi 9A mengusung chipset yang sama MediaTek Helio G25 yang dirancang dengan fabrikasi 12 nm. Chip itu memiliki CPU octa-core dengan kecepatan clock hingga 2,0 GHz. Adapun sektor grafisnya ditopang oleh GPU PowerVR8320.

Redmi 10A mengusung chip dengan dua konfigurasi RAM dan penyimpanan, yaitu 3/32 GB serta 3/64 GB. Jadi pengguna bisa mendapatkan RAM tambahan sementara 1 GB dari ROM ponsel, sehingga total RAM yang didapatkan sebesar 4 GB. Pengguna juga bisa memperluas penyimpanan menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB. Pada Redmi 9A, chip itu juga dikombinasikan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan. Namun, konfigurasinya berbeda dengan yag ditawarkan Redmi 10A.

Konfigurasi RAM yang diusung Redmi 9A yaitu 2/32 GB dan 3/32 GB. Smartphone ini juga mendukung perluasan penyimpanan menggunakan microSD, tetapi hanya sampai 512 GB. Lain dengan suksesornya, smartphone ini tidak didukung fitur untuk menambah kapasitas RAM.

Beda konfigurasi kamera

Kamera menjadi salah satu aspek yang meningkat pada Redmi 10A dibanding pendahulunya. Sebab, smartphone ini dibekali kamera belakang ganda, sedangkan Redmi 9A hanya kamera tunggal.

Resolusinya kamera utamanya sama-sama 13 MP (f/2.2). Namun, di Redmi 10A, Xiaomi menambahkan kamera kedalaman 2 MP (f/2.4) untuk mengakomodasi efek bokeh. Selain kamera belakangnya, resolusi kamera depannya juga sama, yaitu 5 MP (f/2.2). Kamera ini ditempatkan pada poni layar masing-masing ponsel.