Find Us On Social Media :

Hands-on realme 9i: 2 Jutaan dengan Snapdragon 680 dan 33W DartCharge

By Dayu Akbar, Selasa, 24 Mei 2022 | 16:30 WIB

Setelah realme 9 4G lebih dulu meluncur pada bulan April lalu, realme kembali menghadirkan varian lain melalui realme 9i. Perbedaan penambahaan huruf i tersebut menandakan bahwa ini merupakan seri yang memiliki kasta di bawah realme 9 4G. Tidak heran jika melihat spesifikasinya, realme 9i sedikit lebih minimalis. Namun tenang saja, perbedaannya tidak banyak sehingga bisa dibilang antara realme 9 dan realme 9i menawarkan daya tarik yang masih sama.Unboxing

Kotak penjualannya masih memiliki aura yang sama dengan seri sebelumnya yaitu dengan dominasi warna kuning. Didalamnya terdapat beberapa kelengkapan pendukung seperti unit realme 9i, kabel data, adaptor 33 watt, SIM ejector, petunjuk penggunaan, kartu garansi, dan tidak ketinggalan soft case transparan berbahan silicon.

Desain

Tampilan visual bodi belakangnya agak sedikit beda dengan realme 9 yang polos. Pada realme 9i bodi belakangnya mengusung desain yang disebut dengan Stereo Prism Design. Desain ini terinspirasi oleh interaksi antara cahaya dan prisma. Disebutkan bahwa desainnya terdiri dari hingga 3000 garis  yang presisi untuk membentuk tekstur prisma tiga dimensi sehingga memberikan efek cahaya dan bayangan yang dinamis saat terkena cahaya. Pilihan warna yang tersedia yaitu Prism Blue dan Prism Black.

Meterialnya sendiri menggunakan bahan polikarbonat yang mengadopsi pemesinan presisi CNC 5-axis dimana setiap pemesinan membutuhkan waktu 96 jam. Lapisan ini memang masih meninggalkan sedikit bercak jari ataupun tangan, oleh karena itu realme menyertakan jelly case pada paket penjualannya.

Bagian belakang agak ke sisi kiri atas, terdapat frame kamera yang memiliki lapisan kaca doff yang membuatnya terkesan lebih elegan. Bentuk dan posisinya mirip dengan realme 9 dimana terdapat dua lensa besar dan satu lensa kecil di sebelahnya. Sementara di dekatnya ada satu lampu flash dan terdapat tulisan Matrix AI Camera.

Untuk operasional, realme menempatkan tombol Power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari di sisi kkanan, sementara tombol Volume ada di sisi kiri bersebelahan dengan slot kartu. Slot tersebut mendukung hingga penggunaan dua kartu SIM dan satu kartu microSD dengan kapasitas hingga 1 TB. Untuk sisi bawahnya terdapat port audio 3.5mm, mikrofon, port USB type-C, dan speaker.

Layar

Layar jadi pembeda dengan realme 9. Pada realme 9i spesifikasinya sedikit diturunkan. Jika realme 9 menggunakan panel Super AMOLED, maka realme 9i menggunakan IPS. Ukuran layar realme 9i sedikit lebih besar yaitu 6,6 inci. Sementara refresh rate-nya masih sama yaitu hingga 90Hz dengan resolusi 1080 x 2412 pixels. Rasio layarnya sekitar 90,8% dengan touch sampling rate 180Hz.

Kamera

Kamera belakang juga jadi pembeda dengan realme 9. Kali ini realme 9i menyematkan tiga kamera belakang dengan resolusi masing-masing 50 MP untuk kamera utama dengan bukaan besar yaitu f/1.8, kamera ultra macro 2 MP untuk menangkap gambar pada jarak 4cm, dan kamera portrait B&W 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Untuk kamera depan, pada sisi atas layar terdapat kamera selfie dengan resolusi 16 MP yang juga bisa dimanfaatkan sebagai sensor pengenal wajah (face recogniton).Spesifikasi