Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja PC di Windows 11 Biar Lancar?

By Rizal, Minggu, 29 Mei 2022 | 09:00 WIB

Windows 11

Tentunya, pengguna perangkat komputer atau laptop berbasis Windows 11 mengharapkan kinerja yang stabil dan cepat untuk meningkatkan produktivitas.

Hal itu dikarenakan semakin cepat kinerja laptop atau PC maka akan semakin cepat pula pengguna menyelesaikan pekerjaannya.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja Windows 11. Berikut cara mengoptimalkan Windows 11 seperti dikutip lama Support Microsoft:

1. Pastikan Anda memiliki pembaruan terkini untuk Windows driver perangkat dan perangkat Anda

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan PC adalah memastikan Anda telah menginstal versi terbaru Windows 11. Saat memeriksa pembaruan, PC Anda juga akan mencari driver perangkat terbaru yang juga dapat membantu meningkatkan kinerja PC.

Berikut caranya:

2. Hidupkan ulang PC Anda dan buka aplikasi yang diperlukan saja

Membuka banyak aplikasi, program, browser web, dan sebagainya secara bersamaan dapat memperlambat PC Anda. Membuka banyak tab browser secara bersamaan juga cukup dapat memperlambat PC.

Jika hal ini terjadi, tutup semua aplikasi, tab browser, dsb., yang tidak Anda perlukan dan lihat apakah hal itu dapat mempercepat PC. Jika hal ini sepertinya tidak membantu, hidupkan ulang PC lalu hanya buka aplikasi, program, dan jendela browser yang diperlukan saja.

Berikut cara menghidupkan ulang PC:

3. Gunakan ReadyBoost untuk membantu meningkatkan kinerja

ReadyBoost memungkinkan Anda menggunakan drive yang dapat dilepas, seperti drive USB, untuk meningkatkan kinerja PC tanpa membuka PC dan menambahkan lebih banyak memori (RAM).