Find Us On Social Media :

Nih! Lima Aplikasi Android untuk Bantu Turunkan Berat Badan Anda

By Cakrawala, Selasa, 31 Mei 2022 | 20:00 WIB

Kaget dengan berat badan Anda yang bertambah? Jika ya, terdapat aneka aplikasi Android untuk bantu turunkan berat badan yang bisa Anda coba.

Tak jarang setelah merayakan hari raya maupun menjalankan liburan, berat badan mengalami kenaikan. Tak jarang pula berat badan yang bertambah itu belum kembali ke nilai semula, meskipun hari raya maupun liburan sudah selesai cukup lama. Setidaknya menurut pengamatan penulis terhadap orang-orang di sekeliling. Menurut riset Kemenkes (Kementerian Kesehatan) obesitas di Indonesia pun memiliki tren yang meningkat. Bila pada riset tahun 2007 proporsi obesitas pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas sebesar 10,5%, pada riset tahun 2018 menjadi 21,8%.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan ke nilai yang ideal atau normal. Kini juga tersedia berbagai peranti lunak yang bisa digunakan untuk membantu seseorang menurunkan berat badannya. Begitu pula pada Android; terdapat aneka aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan untuk bantu turunkan berat badan. Berikut adalah lima aplikasi yang bisa diunduh ke smartphone Android dan dimanfaatkan pengguna smartphone Android bersangkutan untuk membantu menurunkan berat badannya. Jika Anda termasuk yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba aplikasi-aplikasi tersebut untuk membantu mencapainya.

1. Lose Weight at Home in 30 Days

Lose Weight at Home in 30 Days.

Lose Weight at Home in 30 Days berusaha membantu pengguna untuk menurunkan berat badan dalam 30 hari alias dalam sebulan. Bisa dibilang Lose Weight at Home in 30 Days berfokus pada olahraga yang perlu dilakukan dalam 30 hari, meskipun terdapat juga menu makanan yang sebaiknya diikuti. Terdapat sejumlah paket olahraga dengan tujuan berbeda yang ditawarkan, termasuk yang lebih untuk wanita. Adapun paket untuk menurunkan berat badan bertajuk “Full Body Workout”. Pada paket ini hampir setiap harinya pengguna diminta untuk melakukan beberapa gerakan. Setiap gerakan durasinya berbeda, tetapi dalam puluhan detik. Terdapat tujuh hari yang merupakan hari istirahat dalam artian pengguna tidak melakukan olahraga.

Menjalankan gerakan yang dimaksud pun dimudahkan berhubung Lose Weight at Home in 30 Days menyediakan animasi yang menggambarkan cara melakukannya. Suara instruktur yang menemani juga tidak hanya mengingatkan akan waktu mulai, waktu selesai, dan waktu istirahat, melainkan terkadang memberikan petunjuk tambahan. Pengguna bisa menghentikan sementara aktivitas sewaktu-waktu maupun melewatinya bila perlu; ada tombol pause dan skip. Setelah selesai melakukan seluruh gerakan untuk hari bersangkutan, selain menampilkan jumlah kalori yang dibakar dan jumlah gerakan yang dilakukan, data tersebut akan dicatat pula pada kalender sehingga pengguna bisa melihat perjalanannya. Lose Weight at Home in 30 Days bisa digunakan secara gratis, tetapi akan ada iklan yang muncul. Sayangnya, iklan ini kadang mengganggu. Versi Pro yang berbayar antara lain memberikan paket yang disesuaikan dengan tubuh pengguna.

2. Nutrition Tracker - Cronometer

Cronometer.

Nutrition Tracker – Cronometer (selanjutnya disebut Cronometer) merupakan aplikasi pencatat nutrisi yang dikonsumsi dan aktivitas pembakar kalori yang dilakukan. Pertama kali menggunakan, pengguna akan diminta untuk mendaftar. Pengguna diminta antara lain memberikan informasi mengenai profil seperti tanggal lahir, tinggi tubuh, dan berat badan; serta tujuan sehubungan berat badan atau kalori. Setelah masuk, pengguna bisa memasukkan makanan yang dikonsumsi dan aktivitas yang dilakukan. Pengguna sebaiknya mencatatkan setiap makanan yang dikonsumsi saat hendak mengonsumsinya, begitu pula mencatatkan setiap aktivitas (olahraga dan aktivitas lain yang membakar kalori) yang dilakukan saat akan memulainya. Pengguna bisa mencatatkan makanan dengan memilih makanan yang disediakan oleh Cronometer maupun menambahkan makanan baru dan memilihnya. Begitu juga dengan aktivitas. Menariknya, aktivitas yang tersedia secara default juga mencakup aktivitas yang bukan olahraga, seperti membersihkan rumah dan bekerja di depan meja. Oh ya, khusus untuk makanan (dalam kemasan) yang memiliki barcode, pengguna bisa memindainya. Namun, tidak semua dikenali oleh Cronometer.

Berdasarkan data-data yang dimasukkan, pengguna bisa melihat berapa total kalori yang sudah dikonsumsinya maupun berapa total kalori yang sudah dibakarnya untuk hari bersangkutan. Sesuai dengan tujuan akan tingkat penurunan berat badan (kg/minggu) yang ingin dicapai, pengguna bisa melihat apakah pada hari yang dimaksud selisih antara kalori yang keluar (dibakar) dan kalori yang masuk (dikonsumsi) sudah tepat. Tentunya kalori yang keluar harus lebih besar dari kalori yang masuk bila ingin menurunkan berat badan. Namun, besarnya selisih yang tepat adalah sesuai dengan tingkat penurunan berat badan yang dimasukkan. Selisih ini disebut “Remaining” alias tersisa dan nol adalah nilai yang tepat. Setelah beberapa hari, pengguna pun bisa melihat perjalanannya sejauh itu. Cronometer sendiri bisa digunakan secara gratis, tetapi beberapa fungsi hanya bisa dipakai pada versi Gold yang berbayar. Terdapat iklan pada versi gratis.