Find Us On Social Media :

Akhirnya Layanan Starlink Elon Musk Masuk Filipina, Kapan Indonesia?

By Rizal, Rabu, 1 Juni 2022 | 18:00 WIB

Starlink

Akhirnya, layanan internet satelit milik Elon Musk Starlink akan masuk ke kawasan Asia Tenggara dan Filipina menjadi negara pertama yang akan merasakan sensasi jaringan internet Starlink.

Kehadiran Starlink di Filipina itu disampaikan langsung oleh Elon Musk melalui Twitter pribadinya, belum lama ini. "Starlink disetujui oleh Filipina," tulis @elonmusk.

Komisi Telekomunikasi Nasional (NTC) Filipina juga telah mengonfirmasi kehadiran Starlink di Filipina. Komisaris NTC Gamaliel Cordoba mengatakan proses perizinan operasi Starlink di Filipina sangat cepat tanpa menyebutkan kapan izin mulai diajukan.

Belum ada informasi, kapan warga Filipina bisa berinternetan dengan jaringan Starlink tetapi warga Filipina sudah bisa memesan layanan internet Starlink melalui situs web starlink.com.

Koneksi internet Starlink ditargetkan tersedia di Filipina pada kuartal keempat 2022 atau sekitar bulan Oktober-Desember tahun ini.

Kapan di Indonesia 2023?

Warga Indonesia juga sudah bisa memesan internet Starlink di situs web starlink.com. Di sana, pengguna bisa memasukkan nama daerah mereka di kolom pencarian di bawah tampilan peta dan lantas meng-klik tombol "Order Now".

Pengguna akan melihat informasi bahwa layanan Starlink dijanjikan tersedia di Indonesia pada 2023 mendatang. Namun, waktu ketersediaan ini juga bergantung dari perizinan oleh pihak berwenang.

Ketika ingin memesan, pengguna diwajibkan mengisi data-data yang diperlukan, seperti alamat dan informasi pribadi, serta membayar uang deposit sebesar 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 juta (kurs Rp 14.400).

Metode pembayaran yang diterima SpaceX hanya melalui kartu kredit dan dana yang dibayarkan nantinya bisa ditarik kembali (refund) apabila pengguna berubah pikiran dan tidak jadi berlangganan Starlink.

Sebagai perbandingan, ketika proses pre-order di Amerika Serikat, pemesan internet Starlink harus merogoh kocek sekitar 600 dollar AS (sekitar Rp 8,7 juta).

Uang tersebut digunakan untuk deposit sebesar 99 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) dan Starlink Kit sebesar 499 dollar AS (sekitar Rp 7,2 juta). Adapun untuk Starlink Kit terdiri dari beberapa peralatan yang mencakup antena parabola, router WiFi, dan pemasik daya.