Find Us On Social Media :

Matrixport Prediksi DeFi Bakal Jadi Era Layanan Keuangan Masa Depan

By Indah PM, Rabu, 8 Juni 2022 | 14:45 WIB

Ilustrasi Cryptocurrency

Salah satu pandangan yang paling sering kita dengar mengenai Decentralized Finance (DeFi) adalah pandangan bahwa DeFi ingin menggantikan Traditional Finance (TradFi) atau sistem keuangan tradisional.

Matrixport, platform layanan keuangan berbasis kripto menilai bahwa pandangan tersebut keliru.

Sebaliknya, DeFi adalah cara untuk memperluas jangkauan layanan keuangan yang ada saat ini (TradFi) secara eksponensial dan harusnya dilihat sebagai pelengkap TradFi, bukan penggantinya.

Salah satu cara termudah untuk memahaminya adalah dengan melihat perkembangan dari ponsel konvensional ke smartphone yang pada saat ini biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Sebelum terjadinya perkembangan aplikasi, ponsel hanya memiliki fitur yang terbatas seperti melakukan dan menerima panggilan (menelpon) dan berkirim pesan teks (SMS).

Ketika toko aplikasi meledak pada 2005 silam, dalam waktu singkat jutaan aplikasi baru bermunculan. Kunci dari ledakan ini adalah bahwa ledakan itu tidak didikte dari atas karena semua itu transparan dan terbuka untuk semua orang.

DeFi  juga menjadi instrumen keuangan yang transparan dan tidak membutuhkan izin pihak lain (permissionless).

Hal ini yang akan membuatnya berkembang dengan lebih cepat. Salah satu elemen kunci DeFi adalah dapat masuk ke area yang tidak tercakup oleh TradFi.

Salah satunya adalah dapat menciptakan nilai dasar untuk aset yang sebelumnya tidak tersentuh oleh sistem keuangan tradisional (NFT, GameFi, dll).

Hal ini dapat membuat aset seperti NFT menjadi likuid dan dapat dipertukarkan sehingga dapat digunakan untuk transaksi dalam pengertian tradisional, seperti menjadi jaminan untuk pinjaman atau margin untuk perdagangan.

"Dengan membuat instrumen keuangan untuk berkembang menjadi serangkaian kategori yang lebih luas, DeFi juga memungkinkan serangkaian aset yang lebih luas untuk datang dengan nilai keuangan. Inilah yang kami maksud dengan istilah finansialisasi segalanya (Financialization of Everything)," kata John Ge, Pendiri dan CEO Matrixport, saat menjadi pembicara dalam acara WILD3 2022 beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan John Ge bahwa adopsi DeFi secara alami akan lebih baik diterima di negara-negara yang memiliki ekonomi lemah dan infrastruktur keuangan yang buruk.

Negara-negara miskin ini memiliki insentif yang jauh lebih besar untuk menemukan cara meningkatkan jejak keuangan ekonomi mereka.