Find Us On Social Media :

Begini Lima Cara Aplikasi Kasir Pintar Meningkatkan Penjualan Bisnis

By Rizal, Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:00 WIB

Olsera

Para pelaku usaha saat ini harus pintar dalam memainkan berbagai strategi bisnis agar dapat bertahan di tengah persaingan ketat di era modern.

Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan penggunaan teknologi seperti aplikasi kasir pintar. Sebab sistem point of sales (POS) pada aplikasi kasir akan membantu meningkatkan penjualan anda.

Bagaimana caranya ? Yuk pahami dari ulasan berikut.

Cara Sistem POS Meningkatkan Penjualan Bisnis

  1. Mempercepat Transaksi

Masyarakat milenial di era modern sangat menyukai berbagai hal yang instan. Bagi mereka waktu adalah uang, dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk melakukan satu transaksi saja pasti bisa sangat menjengkelkan. Contohnya ada dua toko yang menjual produk sama, namun toko A dapat mengeliminasi antrian pembayaran lebih efektif dari toko B.

Itu karena sistem POS yang digunakan memungkinkan toko untuk menerima pembayaran menggunakan metode non-tunai, yang dilakukan secara praktis. Melihat kondisi tersebut, sudah jelas bahwa konsumen akan lebih memilih belanja di toko A ketimbang toko B meskipun produk yang dijual sama.

  1. Fitur Pemisahan Pembayaran

Aplikasi kasir pintar banyak yang memiliki fitur pemisahan pembayaran. Dimana fitur ini hadir untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis. Sebab tidak jarang ditemukan customer yang ingin pembayarannya dilakukan secara terpisah. Ada beberapa hal yang mendorong pelanggan meminta hal tersebut.

Mulai dari dikarenakan hanya dititipi barang oleh teman atau saudara, sampai salah satu dari pelanggan akan menggunakan struk pembayaran untuk bukti reimbursement ke kantor mereka. Sistem POS di sini mampu menjawab kebutuhan tersebut sehingga tidak akan mengecewakan konsumen. Apalagi prosesnya yang berjalan cepat menjadi keunggulan tersendiri.

  1. Pencatatan Pesanan dan Pembayaran Secara Akurat

Bukan hanya cepat, namun pencatatan pesanan dan pembayaran yang dilakukan oleh sistem point of sales juga sangat akurat. Jadi anda bisa meningkatkan customer experience atau kepuasan pelanggan dengan adanya aplikasi kasir pintar ini. Seiring hal tersebut, penjualan juga akan meningkat secara signifikan.

Sebab kesalahan pesanan hanya akan membuat pelanggan kecewa dan enggan untuk datang lagi. Contohnya ketika anda menggerakkan bisnis restoran, mungkin pelanggan ingin memesan minuman dengan gula yang dikurangi dan es normal atau tidak ingin ada cabe di dalam makanan mereka. Semua detail seperti itu dapat dicatat dengan baik menggunakan sistem POS.

  1. Analisis Otomatis

Point of sales dapat dibedakan dari kasir konvensional karena kemampuannya dalam menyediakan data secara real time. Sehingga menggunakan sistem ini anda dapat melakukan analisis data dengan tepat dan akurat. Alhasil pengecekan inventaris bisa dilakukan secara mudah dan meningkatkan produktivitas berkat adanya data yang akurat.

Nantinya laporan penjualan yang diperoleh dari data data tersebut bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Karena datanya akurat, tentu besar kemungkinan keputusan yang diambil memang sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya meningkatkan pelayanan atau meningkatkan kualitas barang untuk mendorong penjualan.