Find Us On Social Media :

Hands-on Redmi 10A: Pilihan Entry Level Menarik di Harga Sejutaan

By Dayu Akbar, Minggu, 12 Juni 2022 | 16:30 WIB

Di segmen entry level, Xiaomi juga cukup konsisten menghadirkan pembaruan pada seri Redmi yang salah satunya yaitu Redmi 10A. Sesuai namanya, smartphone ini merupakan suksesor dari Redmi 9A. Meski kehadiran antar keduanya memiliki jeda sekitar dua tahun, namun perbedaan spesifikasi yang diberikan Xiaomi pada kedua seri tersebut tidak terlalu banyak. Kali ini Redmi 10A hadir penambahan fitur pada kamera belakang yang menjadi dua, kapasitas RAM yang lebih besar, serta hadirnya sensor fingerprint. Untuk mengetahui lebih jauh hal lain apa saja yang ditawarkannya, berikut ulasan singkatnya.Unboxing

Seperti sebelumnya, kotak penjualan Redmi 10A hadir dengan dominasi warna putih. Selain unti Redmi 10A, didalamnya terdapat kelengkapan seperti kabel data dengan koneksi micro USB, adaptor 10W, SIM ejector, kartu garansi, kertas panduan, dan kertas ucapan terima kasih dari Alvin Tse.

Desain

Redmi 10A hadir dalam pilihan warna Sky Blue, Chrome Silver, dan Graphite Gray, sementara unit yang kami tampilkan bagian belakangnya memiliki warna Graphite Grey. Bodinya hadir sudut-sudut membulat serta bodi sedikit melengkung sehingga nyaman digenggam. Berbahan plastik, bagian belakangnya memiliki lapisan dengan desain serat garis yang cukup licin saat diraba. Di bagian belakang ini, Xiaomi merancang penempatan dua kamera utamanya dalam satu frame bersama dengan sensor sidik jari berbentuk bulat. Dalam satu frame kamera terdapat pula lampu kilat serta tulisan besar Redmi.

Layar

Beralih ke bagian depan, Redmi 10C mengusung layar dengan ukuran 6,71 inci dengan desain DotDrop Display. Resolusi yang dimiliki yaitu HD+ atau 1600 x 720 pixels. Rasio aspeknya 20:9 dan mendukung Sunlight display.Berbekal panel IPS, layarnya tidak menambahkan lagi screen protector. Sementara Dot drop yang merupakan tempat dari kamera depan memiliki resolusi 5 MP kamera selfie yang sekaligus dapat digunakan untuk face unlock.Kamera

Seperti disebut sebelumnya, salah satu pembeda dengan generasi sebelumnya yaitu Redmi 9A adalah kamera depannya yang semula hanya satu, kini pada Redmi 10A menjadi dua. Kamera utamanya punya resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 serta kamera dengan depth sensor 2 MP untuk menampilkan efek bokeh.

Aplikasi kameranya menyertakan beberapa mode, diantaranya Mode Pro yang memberikan kebebasan pengguna untuk mengatur secara manual pilihan seperti White Balance, Focus, Shutter, ISO, serta Exposure Value.

Dengannya, Anda juga bisa merekam video dengan resolusi hingga full HD. Pilihan perekaman videonya termasuk mode time-lapse tanpa adanya pilihan mode slow motion.Spesifikasi dan Fitur Lainnya

Sama seperti Redmi 9A, Redmi 10A juga dibekali dengan system on chip entry level MediaTek Helio G25 yang merupakan prosesor octa-core dengan kecepatan hingga 2.0 GHz.Hadir dalam dua varian kapasitas memori, keduanya sama-sama menggunakan RAM 3 GB dan pilihan storage 32 GB dan 64 GB. Menariknya, Xiaomi menyematkan fitur Memory Extention yang akan menambahkan RAM virtual sebesar 1 GB dengan mengambil dari penyimpanan internal. Jadi meski secara hardware punya RAM 3 GB, namun menawarkan performa layaknya RAM 4 GB.