Find Us On Social Media :

Begini Cara Merapikan Playlist di Spotify dengan Fitur ‘Folder’

By Rafki Fachrizal, Jumat, 17 Juni 2022 | 14:15 WIB

Dengan fitur 'Folder', pengguna Spotify dapat merapikan atau mengelola playlist dengan lebih mudah.

Sebagaimana pengguna Spotify dapat membuat dan mengikuti playlist sebanyak yang mereka inginkan, terkadang menyusun atau merapikan playlist-playlist tersebut dapat menjadi momok tersendiri.

Tanpa pengaturan yang tepat, koleksi playlist pengguna dapat menjadi berantakan, dan banyaknya scrolling yang perlu dilakukan untuk menemukan lagu favorit yang ingin didengarkan bisa terasa menyebalkan.

Untuk mengatasinya, Spotify memiliki fitur yang memudahkan pengelolaan playlist, yaitu fitur bernama ‘Folder’.

Melalui fitur Folder, pengguna Spotify dapat membuat folder-folder playlist dan kompilasi-kompilasi kelompok lagu berdasarkan tema, suasana hati, sumber, atau kategori yang mereka tentukan sendiri.

Dapat diakses melalui aplikasi desktop atau pemutar web di komputer, fitur ini tentunya dapat menghemat waktu pengguna untuk menemukan playlist tertentu yang mereka sedang ingin didengarkan.

Lebih lanjut, berikut langkah mudah untuk menggunakan fitur Folder:

1. Buka aplikasi Spotify di desktop atau pemutar web

Masuk ke akun Spotify pada aplikasi desktop atau pemutar web dan pilih salah satu playlist yang sudah ada di ‘Koleksi Kamu’. Klik kanan pada playlist tersebut.

2. Pilih “Buat folder”

Setelah mengklik kanan playlist yang dipilih, klik pilihan “Buat folder” dan pengguna akan melihat folder kosong baru pada layar bernama “Folder Baru” di aplikasi dekstop atau pemutar web Spotify mereka.

3. Ketik nama yang dipilih untuk playlist

Ubah nama asli “Folder Baru” sesuai dengan preferensi. Inspirasi untuk nama folder playlist bisa berasal dari dekade, genre, suasana hati–atau kategori lain yang dipilih pengguna.

4. Cukup seret dan lepas untuk menambahkan lebih banyak playlist ke dalam folder