Find Us On Social Media :

Apa saja Keuntungan yang Didapatkan dari Layanan Telegram Premium?

By Rizal, Senin, 20 Juni 2022 | 13:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Telegram resmi meluncurkan layanan berbayar Telegram Premium yang menawarkan banyak fitur-fitur terbaru dan premium dibanding versi biasa.

"Hari ini, kami meluncurkan Telegram Premium, layanan berlangganan yang memungkinkan Anda memberikan akses ke fitur tambahan eksklusif," tulis Telegram dalam sebuah postingan di blog resmi.

Berikut fitur-fitur eksklusif Telegram Premium yang membedakannya dengan layanan Telegram biasa (gratis):

Konversi pesan suara ke teks

Saat ini pelanggan Telegram Premium dapat mengonversi pesan suara menjadi pesan teks secara otomatis. Dengan berlangganan Telegram Premium, pengguna dapat menikmati fitur terbaru yang memungkinkan Anda mengonversi pesan suara (voice message) menjadi pesan teks.

Tentunya, fitur itu sangat memanjakan Anda saat menerima voice message tetapi tidak membawa earphone untuk mendengarkannya. Anda juga tetap bisa menerima pesan berbasis suara tanpa perlu mendengarkannya. Caranya, pengguna hanya perlu mengeklik ikon "A dengan panah ke kanan" untuk mentranskrip voice message menjadi pesan teks. Hasil transkrip akan tersedia di bawah voice message.

Kustomisasi folder chat utama

Telegram Premium memungkinkan Anda  mengatur daftar chat. Sebagai perbandingan, Selama ini ketika Anda membuka aplikasi Telegram, pengguna akan langsung melihat seluruh daftar ruang obrolan (all chat), mulai chat dari teman kantor, keluarga, channel yang diikuti, atau chat dari orang baru sekalipun.

Sebagai contoh, dengan fitur kustomisasi itu Anda bisa membuat folder "Family" (keluarga) atau "Work" (pekerjaan) dan diatur menjadi folder utama di Telegram. Alih-alih "All Chat", pengguna bisa membuat folder chat. Setiap kali membuka aplikasi, pengguna dapat melihat folder chat yang diprioritaskan.

Unggahan file besar

Selain fitur baru, pengguna yang berlangganan Telegram Premium juga mendapatkan benefit lain dari fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, kini, pelanggan Telegram Premium dapat mengunggah file maksimum sebesar 4 GB ke ruang obrolan. Kemampuan ini naik dua kali lipat dibandingkan pengguna reguler yang hanya dapat menggunggah file sebesar 2 GB.

"Semua pengguna Telegram dapat mengunduh dokumen ekstra besar ini, terlepas dari apakah mereka berlangganan Telegram Premium atau tidak," tulis Telegram.