Find Us On Social Media :

Butuh Translate Bahasa Asing dengan Cepat? Coba 4 Aplikasi Android Ini

By Liana Threestayanti, Rabu, 22 Juni 2022 | 14:00 WIB

Kebutuhan menerjemahkan ada dalam banyak kegiatan. Aplikasi penerjemah, seperti Google Translate, tentu sangat berguna di saat-saat tersebut.

Kebutuhan menerjemahkan ada dalam banyak kegiatan, mulai dari kegiatan di ruang pendidikan sampai aktivitas saat melakukan perjalanan wisata. Aplikasi translator atau penerjemah, seperti Google Translate, tentu sangat berguna di saat-saat seperti ini.  

Tentu saja Google Translate bukan satu-satunya aplikasi penerjemah yang dapat membantu kita menerjemahkan teks, pidato, percakapan, bahkan papan penunjuk arah. Ada banyak aplikasi sejenis yang bisa kita pilih dari Google Play Store atau App Store milik Apple.

Jenis aplikasi penerjemah yang kita butuhkan sebenarnya tergantung pada kebutuhan kita. Aplikasi penerjemah ini umumnya dapat menerjemahkan (translate) teks, ucapan, gambar, atau bahkan melakukan percakapan real time dengan seseorang yang berbicara bahasa yang berbeda. 

Beberapa aplikasi lainnya menawarkan pengucapan audio, contoh kalimat, atau bahkan ada aplikasi yang mengemaskan dukungan offline sehingga kita dapat terus menerjemahkan tanpa koneksi internet.

Nah, sebelum memilih, sebaiknya kita perhatikan aspek-aspek berikut dari aplikasi-aplikasi penerjemah yang ada: 

1.Kegunaan

Hal yang kita cari dari aplikasi ini adalah kegunaan dan fitur. Pastikan fitur-fitur dan kemampuannya sesuai kebutuhan kita. Jika sulit digunakan, sulit dikelola, atau terlalu lama proses translasinya, alih-alih membantu, aplikasi translator malah akan menyusahkan. 

2.Bahasa

Tidak ada aplikasi penerjemah yang mendukung semua bahasa di dunia. Jadi, pastikan aplikasi yang kita unduh memang mendukung bahasa yang kita butuhkan, terutama ketika bahasa itu tidak terlalu umum. 

3.Pengucapan

Jika kita membutuhkan cara pengucapan dalam bahasa tertentu, pilih apikasi yang menawarkan fitur pengucapan audio. Aplikasi dengan fitur semacam ini akan bermanfaat ketika kita bepergian ke luar negeri. 

4.Ekstra