Find Us On Social Media :

Nih! Daftar Situs Mengecek Kecepatan Internet WiFi di HP dan Laptop

By Rizal, Jumat, 24 Juni 2022 | 13:00 WIB

Tethering WiFi, Mobile HotSpot

Tak bisa dipungkiri jaringan WiFi menjadi kebutuhan orang saat ini untuk berselancar Internet.

Anda pun tidak perlu khawatir kehabisan kuota Internet saat menggunakan jaringan WiFi karena Anda cukup langganan per bulan untuk bisa bebas mengakses layanan internet lewat WiFi.

Tentunya, hal itu berbeda ketika Anda mengakses Internet dengan paket kuota data dari operator telekomunikasi.

Meskipun demikian, jaringan Internet berbasis WiFi dapat mengalami gangguan saat sedang terjadi perbaikan jaringan atau cuaca yang buruk (hujan badai) yang berimbas pada akses kecepatan Internet yang turun.

Karena itu, Anda bisa mengecek kecepatan Internet WiFi dengan memanfaatkan beberapa situs web pengukur kecepatan jaringan Internet.

Di dalam situs, Anda bisa mengecek kecepatan WiFi, berdasar ukuran kecepatan unduh dan unggah dalam satuan Mbps (Megabit per second), serta ukuran latensi atau waktu yang dibutuhkan untuk transmisi data internet dalam satuan Ms (Milisecond).

Berikut daftar situs untuk mengecek kecepatan Internet yang bisa diakses lewat browser di laptop atau handphone (HP).

1. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla adalah salah satu situs untuk mengecek kecepatan internet. Caranya, Anda bisa mengunjungi laman ini https://www.speedtest.net/id.

Saat laman telah terbuka, silakan klik opsi “Mulai” dan situs web bakal memulai mendeteksi kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan WiFi yang terhubung di perangkat. Pemeriksaan kecepatan mungkin bakal membutuhkan waktu sekitar 3 menit.

2. Fast.com

Perusahaan Netflix mengembangkan Fast.com untuk mengecek kecepatan Internet. Anda bisa mengunjungi laman ini https://fast.com melalui browser di laptop dan HP.