Find Us On Social Media :

Susul iPhone, Apple akan Gantikan Port Lightning iPad dengan USB-C

By Rizal, Kamis, 30 Juni 2022 | 17:30 WIB

iPad Pro

Apple akan menghilangkan port andalannya Lightning pada iPhone dan iPad. Sebagai gantinya, Apple akan memasang port USB-C pada iPad dan iPhone terbaru pada 2023 karena iPhone produksi tahun ini masih akan menggunakan port khas Apple, Lightning.

iPad juga akan menggunakan port USB-C sebagai cara untuk mengisi daya baterai perangkat, mengingat iPad entry-level masih mengusung port Lightning. Sedangkan, iPad Mini, iPad Air, iPad Pro sudah beralih ke port USB-C seperti dikutip Gizchina.

Apple merencanakan iPad 10 yang akan diluncurkan pada musim gugur mendatang sudah mengusung port USB-C. Jadi semua seri iPad tidak lagi akan mendukung port Lightning mulai tahun ini. Sebagai informasi, iPad 10 merupakan iPad dengan banderol harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri iPad Mini, iPad Air hingga iPad Pro.

Apple menilai port USB-C menawarkan banyak kelebihan, salah satunya adalah kecepatan transmisi lebih cepat sehingga mengurangi potensi penyalahgunaan dan pemborosan kabel.

Sebelumnya, versi terkini dari headset mixed reality Apple yang telah lama dirumorkan akan didukung system-on-chip (SoC) yang baru-baru ini diumumkan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut, M2, dan RAM 12GB.

Analis Apple Ming-Chi Kuo dan The Information, mengindikasikan bahwa headset Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) ini akan didukung dua prosesor.

Harga iPad Air 5

iPad Air 5 (2022)

Akhirnya, Apple menghadirkan tablet Apple iPad Air 2022 atau iPad Air 5 (generasi kelima) ke Indonesia, Jumat (13/5/2022). Sebelumnya, tablet iPad Air generasi kelima itu diperkenalkan ke publik pada 8 Maret 2022.

Saat ini Anda sudah bisa membeli iPad Air 5 melalui toko distributor resmi Apple di Indonesia, yaitu iBox (Erajaya Group) dan Digimap (MAP Group).

iPad Air 5 dijual dalam harga yang beragam bergantung dengan kapasitas penyimpanan (64/256 GB) dan dukungan jaringan yang dipilih (WiFi only atau WiFi+seluler).

iPad Air 5 mengusung panel 10,9 inci, resolusi 2.360 x 1.640 piksel, kerapatan 264 ppi, serta tingkat kecerahan (brigthness) hingga 500 nits. Layar tablet ini juga sudah mendukung aksesori Apple Pencil generasi kedua.