Find Us On Social Media :

Fitur Terbaru Google Meet ini Bisa Pantau Peserta Meeting Terlambat

By Adam Rizal, Senin, 4 Juli 2022 | 10:00 WIB

Google Meet

Saat ini Google Meet menjadi aplikasi video konferensi menarik yang sering dipakai pengguna karena menawarkan banyak kemudahan dan fitur menarik.

Kali ini Google menghadirkan fitur terbaru yang yang memungkinkan pengirim undangan rapat dapat melihat siapa saja anggota yang sudah diundang tetapi tidak hadir atau terlambat masuk ruang rapat online.

“Kami berharap fitur ini memudahkan Anda untuk memulai rapat secara efisien dengan menentukan dengan cepat siapa yang belum bergabung, serta mengirimkan notifikasi kepada mereka melalui fitur Chat langsung dari Google Meet,” kata Google seperti dikutip TechRadar.

Nantinya, fitur ini akan mencantumkan tulisan "Also Invited" kepada nama tamu yang belum hadir atau nama partisipan tersebut sudah diundang ke rapat, tetapi belum hadir. Fitur itu akan mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja tamu undangan telat ikut atau tidak hadir rapat online.

Pembaruan lainnya, Google juga akan menghadirkan siapa saja para peserta undangan yang bertatus RSVP sehingga pengirim undangan dapat mengetahui siapa saja peserta rapat yang kehadirannya dianggap “opsional”.

Peserta rapat yang berstatus RSVP adalah peserta yang dapat undangan melalui Google Calender. Status tamu RSVP hanya dapat diakses melalui Google Calender dan pengirim undangan harus mengecek siapa saja peserta yang dapat/tidak menghadiri acara tersebut.

Google Meets juga terintegrasi dengan 'Chat' untuk mempermudah pengecekan kehadiran peserta rapat sehingga pengundang rapat bisa menghubungi peserta yang diundang apabila mereka belum hadir.

Google akan menghadirkan fitur itu sebagai fitur bawaan Google Workspace.

500 Peserta

Google baru saja memberikan update aplikasi video conferencing Google Meet yang memungkinkan pengguna menampung hingga 500 peserta meeting sekaligus. Pembaruan itu akan meluncur secara merata dalam beberapa hari ke depan.

Google menegaskan peningkatan kapasitas Google Meet itu hanya berlaku untuk pengguna paket layanan Google Workspace Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, dan Education Plus.

Sementara pengguna Business Starter, Frontline, Education Fundamentals, Education Standard, dan G Suite Basic masih dibatasi hanya bisa menampung 100 peserta meeting saja. Pengguna layanan Business Standard, Enterprise Essentials, Essentials, G Suite Business, dan Nonprofits bisa mengadakan meeting dengan kapasitas peserta yang sedikit lebih besar, yakni hingga 150 pengguna.