Find Us On Social Media :

Hands-on realme C30: Desain Stylish yang Unik Harga Sejutaan

By Dayu Akbar, Senin, 4 Juli 2022 | 12:00 WIB

realme menghadirkan varian baru dari smartphone seri C melalui realme C30. Jika melihat urutan kehadirannya, realme C30 merupakan versi yang lebih terjangkau dari realme C35 rilis pada 21 Juni 2022 lalu. realme C30 sendiri masih unggulkan fitur-fitur unggulan yang kerap hadir pada seri C yaitu harga terjangkau, desain stylish dan unik serta baterai besar. realme C30 sendiri memiliki slogan #PastiStylish yang disesuaikan dengan keunggulannya tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh hal lain apa saja yang ditawarkannya, berikut ulasan singkatnya.Unboxing

Seperti seri C lainnya, kotak penjualan realme C30 hadir dengan dominasi warna kuning. Selain unit smartphone, didalamnya terdapat kelengkapan seperti kabel data dengan koneksi micro USB, adaptor 10W, SIM ejector, kartu garansi, dan kertas panduan.

Desain

Buat Anda yang bosan dengan desain smartphone yang itu-itu saja, realme C30 tampil beda. Ini bisa dilihat pada bagian belakangnya yang memiliki tekstur unik dengan motif garis-garis timbul.

Desain yang disebut dengan vertical stripe ini dibuat terinspirasi dari koper bagasi. Dipadu dengan dimensi tipis dan ringan yang memiliki ketebalan hanya 8,5 mm serta berat 182 gram sehingga nyaman digenggam.realme juga mengklaim bahwa menggenggam bodinya berasa seperti sedang bepergian layaknya memegang koper bagasi. Sementara lapisannya menggunakan polikarbonat kesat yang tidak mudah kotor oleh sidik jari maupun tangan.

Unit yang kami gunakan memiliki warna Bamboo Green dan pilihan warna lain yang tersedia adalah Lake Blue. realme C30 juga tersedia dalam satu pilihan warna lagi yaitu Denim Black namun dengan desain yang berbeda dimana menggunakan tekstur layaknya celana jins denim.Di sisi kiri atasnya terdapat satu frame untuk menempatkan kamera utama dan lampu kilat.

Sisi kanan terdapat tombol volume dan power, di sisi kiri bagian atas ada slot kartu yang bisa digunakan hingga dua kartu SIM dan satu microSD. Pada bagian bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang mic, port micro USB, dan speaker.

Layar

Beralih ke bagian depan, realme C30 mengusung layar dengan ukuran 6,5 inci dengan desain DotDrop Display. Resolusi yang dimilikinya yaitu 1600 x 720 pixels dengan rasio aspek 20:9 serta memiliki 16,7 juga warna. Dengan rasio layar 88,7% membuat pengguna bisa merasakan tampilan layar lebar yang jernih saat bermain game, menonton video, ataupun menjelajah gambar. Berbekal panel IPS, realme tidak menambahkan lagi screen protector pada layarnya.

Kamera

Sebagai versi yang lebih minimalis dibanding realme C35, realme C30 hanya mengandalkan satu belakang yang memiliki resolusi 8 MP AI Camera dengan aperture f/2.0. Meski hanya satu, Anda tetap bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh serta bisa merekam video dengan resolusi hingga full HD. Pilihan perekaman videonya termasuk mode time-lapse tanpa adanya pilihan mode slow motion.

Sementara layar Dot drop yang merupakan tempat dari kamera depan memiliki resolusi 5 MP kamera selfie yang sekaligus dapat digunakan untuk face unlock. Kemampuan merekam videonya bisa mencapai resolusi HD atau 720p dengan frame rate 30fpsSpesifikasi