Find Us On Social Media :

Poco Puji Kemampuan Chipset MediaTek yang Mulai Tandingi Qualcomm

By Rizal, Kamis, 7 Juli 2022 | 11:30 WIB

POCO X4 GT Pro

Persaingan Qualcomm dan MediaTek di pasar chipset smartphone cukup seru dan menarik. Sama dengan persaingan Intel dan AMD di pasar chipset komputer PC.

Kini, MediaTek pelan tapi pasti mampu menandingin popularitas Qualcomm sebagai penguasa pasar chipset smartphone.

Vendor smartphone Poco mengakui kini kualitas chipset MediaTek mampu mengalahkan Qualcomm, menyusul performa penjualan chipset Dimensity yang laris di pasar dan digunakan smartphone murah hingga mewah.

Head of Product Marketing Poco Global Angus Ng mengungkapkan MediaTek sukses mencetak rekor dalam dua tahun terakhir, menyusul MediaTek mampu mengungguli Qualcomm untuk segmen prosesor kelas atas.

"Tiga tahun lalu, Qualcomm berada di sangat dominan dan memonopoli di pasar. Tapi sekarang?. Kami senang melihat adanya peningkatan persaingan di industri saat ini," kata Ng seperti dikutip dari Android Central.

Angus mengatakan MediaTek terus meningkatkan performakinerja chipset buatannya. Bahkan ia sesumbar, kini kualitas chipset MediaTek mampu mengalahkan produk sebelah yaitu Qualcomm.

"MediaTek mampu memecahkan banyak masalah untuk HP flagship. Ini bukan tentang seberapa cepat HP dapat bekerja, tetapi seberapa mampu HP kami menangani panas dan mengelola termal," katanya.

Poco sendiri mulai menjual HP dengan chip buatan MediaTek seperti Poco F3 GT dengan chip Dimensity 1200 yang dirilis tahun lalu.

Sedangkan untuk tahun ini, Poco kembali menggunakan chip kelas atas dari MediaTek lewat Poco X4 GT.

HP itu mengusung prosesor Dimensity 8100 walapun hingga saat ini belum ada tanda-tanda apakah Poco X4 GT bakal masuk ke Indonesia.

Spesifikasi Poco X4 GT

Poco akan meluncurkan smartphone terbarunya Poco X4 GT dan Poco F4 5G pada 23 Juni. Hal itu terungkap dari poster yang diunggah Poco lewat akun media sosial resminya.