Find Us On Social Media :

Ingin Mengembalikan Windows 10 ke Awal? Ini Cara Reset Windows 10

By Cakrawala, Kamis, 14 Juli 2022 | 10:00 WIB

Melakukan reset Windows 10 pada suatu PC misalnya cocok dilaksanakan bila Anda hendak memberikan PC tersebut ke orang lain. Berikut cara reset Windows 10 tersebut.

Ada kalanya Anda ingin mengembalikan Windows 10 pada suatu PC ke awal dalam artian menjadi menyerupai kondisi Windows 10 saat awal PC bersangkutan digunakan. Berikut InfoKomputer sampaikan cara reset Windows 10 yang dimaksud menggunakan fasilitas yang disertakan Windows 10. Sekadar menegaskan, cara reset Windows 10 ini bukan cara untuk “factory reset” yang disediakan oleh setidaknya sebagian produsen PC.

Melakukan reset Windows 10 pada suatu PC misalnya cocok dilaksanakan bila Anda hendak memberikan PC tersebut ke orang lain. Pasalnya, aplikasi yang akan digunakan oleh orang itu belum tentu serupa dengan yang Anda gunakan. Belum lagi bila ada aplikasi berbayar yang hendak Anda gunakan di PC baru dan hanya boleh dipakai di sebuah PC pada suatu waktu. Dengan cara reset Windows 10 yang disampaikan, Anda akan “meng-uninstall” aplikasi-aplikasi yang ditambahkan tersebut.

Begitu pula dengan berkas-berkas personal Anda yang terdapat di PC yang hendak diberikan itu. Cara reset Windows 10 yang InfoKomputer bagikan juga mengandung opsi untuk menghapus berkas-berkas tertentu. Fasilitas reset yang disertakan Windows 10 pun memiliki opsi untuk menghapus secara lebih aman berkas-berkas tertentu tersebut. Menghapus secara lebih aman ini bertujuan agar berkas-berkas bersangkutan tidak bisa atau setidaknya lebih sulit untuk di-recover. Berkas alias file yang berhasil di- recover atau dikembalikan dengan baik membuka kesempatan untuk dilihat isinya oleh orang yang tidak berhak.

Nah, jika Anda memang ingin mengembalikan Windows 10 menjadi menyerupai awal dan belum tahu caranya melakukannya memanfaatkan fitur “Reset this PC” yang disertakan Windows 10; berikut adalah caranya. Cara reset Windows 10 ini adalah untuk Windows 10 versi 21H2 dan yang berbahasa Inggris. Namun, meski tidak sama persis, cara reset Windows 10 untuk Windows 10 versi yang lain sewajarnya tidak berbeda jauh.

Langkah Pertama

Cara reset Windows 10. Langkah pertama adalah menjalankan fitur 'Reset this PC'.

Klik [Start] > [Settings] > [Update & Security] > [Recovery] > [Get started pada Reset this PC].

Atau (cara lain)

Klik [Start] > ketik “reset” (tanpa tanda kutip) > klik [Reset this PC] > [Get started pada Reset this PC].

Langkah Kedua

Cara reset Windows 10. Langkah kedua adalah memilih untuk menghilangkan berkas-berkas personal atau tidak.

Klik [Keep my files] bila Anda tidak ingin menghilangkan berkas-berkas personal Anda.

Atau

Klik [Remove everything] bila Anda ingin menghilangkan semuanya; berkas-berkas personal, aplikasi, dan pengaturan.