Find Us On Social Media :

Wow! Xiaomi 12T Pro Bakal Gunakan Sensor Kamera Samsung 200 MP

By Rizal, Kamis, 14 Juli 2022 | 13:30 WIB

Xiaomi 12 Series

Xiaomi akan melakukan gebrakan dengan memperkenalkan HP flagship terbarunya Xiaomi 12T Pro dengan sensor kamera Samsung ISOCELL HP3 dengan resolusi 200MP.

Sebelumnya, Samsung sudah memperkenalkansensor kamera 200 MP pada tahun lalu.

Xiaomi 12T Pro akan mengusung layar OLED 120Hz dengan resolusi Full HD+. HP itu mengusung prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, RAM 8GB/12GB, penyimpanan 128GB/256GB, dan baterai 5.000mAh dengan fitur pengisian kabel cepat 120W seperti dikutip Sammobile.

Selain Xiaomi, Motorola X30 Pro juga akan mengusung kamera Samsung 200 MP, layar OLED 144Hz, kamera selfie 60MP, ultrawide 50MP, dan baterai 4.500mAh dengan pengisian cepat 125W.

Cara Kerja Isocell HP3

Sungsoo Choi (kiri) dari Semiconductor R&D Center dan Myoungoh Ki dari Advanced Sensor Development Team di Samsung Electronics System LSI Business yang mengembangkan ISOCELL HP3.

Setelah menjadi perusahaan pertama di industri yang menghadirkan CMOS image sensor (CIS) dengan masing-masing 108 dan 200 megapiksel pada tahun 2019 dan 2021,Samsung Electronics kembali mengejutkan pasar dengan image sensor ISOCELL HP3, sensor gambar yang dikemas dengan 200 juta piksel berukuran 0,56 mikrometer (㎛), piksel terkecil di industri, dalam format optik 1/1.4”.Sebelumnya di tahun 2019 dan 2021 secara berurutan, Samsung jadi perusahaan pertama di industri yang menghadirkan CMOS image sensor (CIS) dengan masing-masing 108 dan 200 megapiksel.Melalui pengumuman produksi massal sensor gambar piksel ultra tinggi ISOCELL HP3, Samsung telah mengkomersilkan pengembangan sensor gambar seluler 200MP dengan piksel ultra kecil.Dikembangkan menggunakan teknologi mutakhir, ISOCELL HP3, dengan ukuran piksel 12% lebih kecil dari model ISOCELL HP1 sebelumnya, dapat mengurangi luas permukaan modul kamera di perangkat seluler hingga 20%.Meskipun ukuran pikselnya lebih kecil, sensor ini dikembangkan menggunakan teknologi yang memaksimalkan full well capacity (FWC) dan meminimalkan hilangnya sensitivitas.

Selain itu, fitur baru ditambahkan ke sensor, termasuk kemampuan autofokus untuk semua piksel dan fungsi-fungsi yang memungkinkan pengoperasian video berkecepatan tinggi, bersama dengan ekspresi warna yang ditingkatkan.Ukuran piksel yang lebih kecil sangat ideal untuk mengembangkan perangkat yang lebih kecil dan lebih ramping tetapi dapat mengakibatkan lebih sedikit cahaya yang masuk ke perangkat atau interferensi antara piksel yang berdekatan.Samsung berhasil menciptakan dinding fisik yang lebih tipis dan lebih dalam di antara piksel dengan menggunakan teknologi miliknya yang disebut Full Depth deep trench isolation (DTI), yang menjamin kinerja tinggi bahkan dengan 0,56㎛.

DTI, teknologi utama ISOCELL, menciptakan komponen terisolasi di antara piksel, bertindak sebagai dinding yang terisolasi untuk mencegah hilangnya cahaya dan meningkatkan kinerja optik.Kunci untuk DTI adalah membuat dinding silikon yang lebih tipis dan lebih dalam untuk meningkatkan ISO dan mengurangi crosstalk karena komponen insulasi yang lebih besar di antara piksel akan menimbulkan hilangnya cahaya lebih banyak.

Dengan menerapkan teknik ini pada piksel 0,56㎛, Samsung meningkatkan penyerapan cahaya dan memaksimalkan kapasitas photo diode (PD).

Oleh karena itu, pemanfaatan piksel ultrakecil dimungkinkan karena lebih banyak cahaya per piksel yang dapat disimpan dan diproses bahkan dengan area reseptor cahaya yang lebih kecil.

Fitur Auto Fokus untuk 200 Megapiksel