Find Us On Social Media :

Inilah Sejumlah Fitur Terbaik dari SoC MediaTek Dimensity 9000+

By Cakrawala, Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:00 WIB

MediaTek Dimensity 9000+ tawarkan berbagai fitur unggulan.

Penulis: Dr. Yenchi Lee (Deputy General Manager of MediaTek’s Wireless Communications Business Unit)

 

MediaTek Dimensity 9000+ makin memperluas keunggulan produk kami, terutama pada cip smartphone 5G alias ponsel pintar 5G. Berikut beberapa alasan utama untuk menjadikan cip ini sebagai SoC yang menenagai smartphone unggulan.

1. Cip Smartphone Kelas 4 nm yang Sangat Efisien

Dengan tetap melanjutkan standar yang telah dibawa oleh cip MediaTek versi sebelumnya, Dimensity 9000; Dimensity 9000+ juga kembali menggunakan proses pembuatan cip TSMC N4 (kelas 4 nm) terdepan yang, tentunya, membawa kepastian pada efisiensi daya.

2. Bersiaplah Menjajal Kecepatan yang Lebih!

Dimensity 9000+ menyertakan CPU tercepat MediaTek yang pernah ditanam pada cip smartphone. Dengan clock 3,2 GHz, CPU Cortex-X2 akan memberikan kinerja tertinggi yang tergolong ekstrem dan baru untuk frame rate dalam gim dan respons yang lebih cepat dari penggunaan aplikasi.

3. Mesin Grafis yang Lebih Cepat

Dimensity 9000+ membuat mesin grafis Mali-G710 MC10 bekerja lebih cepat lagi dibandingkan sebelumnya, sehingga membuat kinerja saat bermain gim jauh lebih baik lagi.

4. Cache Big Data

Beberapa cache dalam cip menyimpan data kritis/penting sedekat mungkin dengan prosesor. Ini sebagai cara untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya.

Keunikan dari Dimensity, SLC dapat dipartisi sesuai dengan permintaan secara real-time dari setiap unit pemrosesan, sehingga memungkinkan pemanfaatan lebih dari satu dari partisi secara sekaligus.

5. Kemampuan Rekam Tiga Video HDR secara Simultan

Dengan rancangan 18-bit High Dynamic Range-Image Signal Processing (HDR-ISP) terdepan di industri, cip ini memberikan pengguna kesempatan untuk merekam video HDR pada tiga kamera secara bersamaan. Hasil HDR pun lebih akurat karena ISP dapat menarik 9 miliar piksel per detik, yang memberikan kekuatan untuk menangkap tiga eksposur pada EV yang berbeda setiap frame.

6. MediaTek APU 590

Prosesor AI generasi ke-5 MediaTek ini memang didesain untuk mencapai performa efektif maksimum dalam pengalaman AI-multimedia, gim, kamera, dan pengalaman video media sosial. Juga, dalam menghasilkan peningkatan efisiensi daya sampai 4X dibandingkan prosesor AI generasi terakhir. Keahlian MediaTek dalam video, visual, dan penggambaran visual memungkinkan pemakaian terbaik dari hasil kolaborasi antara prosesor AI dan unit pemrosesan lain dalam memaksimalkan efek pengalaman pengguna.

7. MediaTek HyperEngine 5.0

Penambahan penting pada teknologi gim HyperEngine generasi ke-5 MediaTek adalah variable rate shading technology yang diperkuat oleh AI (AI-VRS) guna menambah daya efisiensi, serta ray tracing SDK — alat rendering untuk efek pencahayaan yang serealistis mungkin —  menggunakan Vulkan for Android sehingga pengembang bisa menangkap visual generasi berikutnya dalam gim bikinan mereka.