Find Us On Social Media :

Nih! Lima Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 agar Tidak Lambat

By Cakrawala, Selasa, 19 Juli 2022 | 10:00 WIB

Jika menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi laptop yang dipakai, sewajarnya Anda menginginkan kinerja Windows 10 itu baik. Jika kinerja Windows 10 bersangkutan terasa lambat, berikut lima cara mempercepat kinerja Windows 10 yang bisa dicoba.

Jika Anda menggunakan Microsoft Windows 10 sebagai sistem operasi PC desktop maupun laptop yang dipakai, sewajarnya Anda menginginkan Windows 10 tersebut berjalan dengan cepat dan lancar. Menggunakan Windows 10 yang kinerjanya lambat alias lemot biasanya tidak menyenangkan. Jika kinerja Windows 10 yang dipakai terasa lambat atau setidaknya kurang cepat, terdapat berbagai cara mempercepat kinerja Windows 10 yang bisa dicoba bila diinginkan.

Tentunya tidak semua cara mempercepat kinerja Windows 10 yang dicoba akan memberikan hasil yang tangible atau dapat dirasakan. Sebagian bisa karena yang memperlambat kinerja Windows 10 yang digunakan bukan pada hal yang dipercepat oleh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang dicoba. Bisa juga yang memperlambat kinerja Windows 10 yang dipakai adalah kombinasi dari aneka hal sehingga cara mempercepat kinerja Windows 10 yang diaplikasikan juga perlu beberapa. Namun, bisa pula PC desktop maupun laptop yang Anda pakai memang sudah tidak mumpuni untuk menjalankan Windows 10 versi baru.

Berikut InfoKomputer bagikan lima cara mempercepat kinerja Windows 10 yang bisa dicoba. Masing-masing cara mempercepat kinerja Windows 10 tersebut adalah berdiri sendiri dalam artian pengaplikasiannya tidak bergantung dengan cara mempercepat kinerja Windows 10 lain yang dibagikan. Anda bisa mencoba salah satu, beberapa, maupun seluruh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang InfoKomputer sampaikan.

Seperti telah dituliskan, tidak dijamin kinerja Windows 10 yang digunakan akan meningkat atau terasa meningkat bila mengaplikasikan cara mempercepat kinerja Windows 10 berikut ini. Namun, tidak ada salahnya mencoba bila Anda merasakan kinerja Windows 10 yang dipakai lambat dan Anda ingin mempercepat kinerja Windows 10 tersebut. Selamat mencoba!

1. Pastikan Menggunakan Power Plan yang Tepat

Cara mempercepat kinerja Windows 10: Gunakan power plan 'Balanced' atau 'High performance'.

Microsoft Windows 10 menyedikan power plan yang merupakan kombinasi pengaturan yang mengatur PC Windows 10 Anda dalam menggunakan daya dan (sejalan dengan itu) kinerja. Power plan yang berfokus pada penghematan daya akan mengurangi kinerja dari PC bersangkutan. Pastikan Anda menggunakan power plan yang disebut “Balanced” atau power plan yang disebut “High performance” untuk kinerja Windows 10 yang baik. Jika belum, ubah ke power plan itu untuk mempercepat kinerja Windows 10. Berikut caranya:

Klik [Start] > [Settings] > [System] > [Power & sleep] > [Additional power settings (di Related settings)] > [Balanced (recommended)] atau [High performance].

Jika tidak terdapat Balanced atau High performance, Anda bisa membuatnya seperti berikut:

Pada jendela yang muncul setelah mengeklik [Additional power settings (di Related settings)] tadi, klik [Create a power plan] > [Balanced (recommended)] atau [High performance] > berikan nama yang dinginkan di [Plan name:] > Next > atur waktu mematikan tampilan ataupun membuat komputer tidur di [Turn off the display:] atau [Put the computer to sleep:] bila diinginkan > [Create].

Secara default seharusnya Windows 10 memilih power plan yang baru dibuat itu.